Honda Civic Versi Anyar, Mulai 6 Agustus Serbu Asean

0
1677
Honda Civic generasi terbaru - dok.Istimewa

Bangkok, Mobilitas – Versi paling anyar atau generasi kesebelas Honda Civic, dikabarkan akan mulai serbuannya ke wilayah Asia Tenggara pada 6 Agutus tahun ini, dengan Thailand sebagai traget serbuan perdana. Informasi ini diumumkan Honda Motor di Thailand melalui akun Youtube miliknya, Selasa (20/7/2021) lalu.

Seperti dilaporkan laman The Nation, Rabu (21/7/2021), Honda juga menyertakan teaser berupa silut dari generasi anyar Honda Civic tersebut. Namun, bukan mencoba memberikan rasa pensaran seperti apa tampilan versi anyar itu, terapi lebih ke upaya untuk memnatik rasa penasaran konsumen ihwal varian apa – sedan atau hatchback – yang bakal diluncurkan pertama kali nanti.

Maklum, Honda di Negeri Gajah Putih itu belum memberikan informasi secara terang benderang soal varian yang akan disajikan ke pasar Thailand. Namun, jika dilihat dari gambar teaser yang berupa siluet itu, besar kemungkinan varian pertama yang diluncurkan adalah hatchback.

Tampilan depan sedan Honda Civic versi terbaru – dok.Istimewa

Pasalnya, gambar itu memperlihatkan bentuk grill Civic yang berdesain strip. Gaya desain grill seperti itu – merujuk dari Honda Civic anyar yang sudah diluncurkan di Amerika Serikat – adalah gril milik varian sedan.

Sedangkan Civic hatchback memiliki gril dengan gaya desain  honeycomb. Dan beberapa fitur baru juga bakal disematkan di generasi paling gres alias generasi paling anyar Civic tersebut, salah satunya lane watch, karena di bawah spion Civic anyar itu terlihat ada pod kamera.

Untuk mesin, kemungkinan besar, versi untuk pasar Asia, khususnya Asia Tenggara, diduga kuat bderbeda dengan versi yang diperuntukkan bagi pasar Amerika Serikat. Seperti diketahui, di Negeri Paman Sam itu, Civic anyar mengusung mesin 2.0 liter naturally aspirated dan mesin 1.5 liter turbo.

“Kemungkinan besar (untuk pasar Asia Tenggara) mengusung mesin 1.5 turbo,” tulis majalah HeadlightMag.

Tampilan belakang Honda Civic sedan generasi terebaru – dok.The Drive

Terlebih, generasi sebelumnya juga mengusung mesin 1.5 liter mesin empat silinder VTEC Turbo. Varian ini juga tercatat sebagai model paling banyak dibeli konsumen global, khususnya di luar Amerika Serikat.

Lantas akankah versi paling gres alias versi paling anyar itu segera dibawa ke Indonesia? Belum ada informasi pasti.

Tetapi, yang pasti, di Tanah Air, sepanjang tahun 2020 lalu varian sedan – seperti terlihat di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) – terjual sebanyak 1.053 unit. Kemudian varian hatchback  sebanyak 444 unit, dan  varian Type R sebanyak 7 unit. (Don/Aa)