Ini 10 Kota yang Paling Bikin Stres, Jakarta Kesembilan

0
1659
Ilustrasi, mobil-mobil yang digunakan masyarakat Indonesia -dok.Thejakartapost.com

Berlin, Mobilitas – Sebuah perusahaan pembuat minyak esensial dan suplemen CBD yang berkantor pusat di Berlin, Jerman, Vaay, belum lama ini merilois hasil risetnya yang bertajuk “The Least and Most Stressful Cities Index 2021”. Dari hasil penelitian tersebut diketahui ada 10 kota besar di dunia yang membuat penghungi maupun pengunjungnya mengalami stres.

Seperti dilansir dalam laman resmi Vaay, belum lama ini, beberapa faktor penyebab munculnya stres itu beragam dan saling berkelindan alias saling bertumpang tindih antara satu dengan yang lain.

Mulai dari kemacetan lalu-lintas, polusi udara, pencemaran lingkungan, tingkat keamanan, kondisi sosial yang tak bersahabat, menjamurnya lingkungan kumuh, hingga minimnya area interaksi sosial, dan lain-lain.

Totalnya, ada 15 indikator yang menjadi tolok ukur dan dinilai oleh peneliti dengan menanyankan indikator itu kepada responden yang dipilih secara acak. Awalnya, penelitian ini memempelajri 500 kota.

Polusi udara yang berada di tingkat tinggi di Jakarta yang diukur pada suatu periode tertentu – dok.CNN

Namun, setelah disaring secara ketat dengan indiktor yang sebanyak 15 itu, akhirnya mengecil menjadi 100 kita besar.

“Tujuan studi ini adalah, untuk menunjukkan apa saja yang mesti dilakukan untuk melakukan tata kelola kota yang efektif, kebijakan lingkungan yang tepat dengan sistem kesejahteraan sosial yang baik, yang bisa dirasakan warganya,” ungkap salah seorang founder Vaay, Finn Age Hansel.

Dia menampik, penelitian ini bertendsi untuk memilih kota-kota tertentu dan menetapkan cap bahwa mereka tertinggal dibanding kota-kota lain yang tidak masuk dalam kategori kota yang paling membuat stres.

“Tetapi, penelitian ini lebih menyoroti kota-kotadengan berbagai permasalahannya, dan diharapkan dapat menjadi cara untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya,” ujar Finn.

Area pemuikiman kumuh di salah satu sudut kota Jakarta – dok.The Jakarta Post

Hanya, penelitian tak merinci kondisi atau indikator apa saja khas di Jakarta yang menjadikan kota ini sebagai kota yang plaing membuat stres. Berikut 10 daftar kota yang paling membuat orang menjadi stres di dunia tahun 2021:
1.Mumbai, India
2.Lagos, Nigeria
3.Manila, Filipina
4.New Delhi, India
5.Baghdad, Irak
6.Kabul, Afghanistan
7.Moskow, Rusia
8.Karachi, Pakistan
9.Jakarta, Indonesia
10.Kiev, Ukraina. (Jap/Aa)