Beijing, Mobilitas – Keluhan pembeli mobil di Cina, tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.
Hasil riset yang JD Power yang dikutip Mobilitas, Jumat (2/9/2022) menunjukkan jumlah keluhan atau komplain dari pemilik mobil baru yang dilayangkan tahun ini sebanyak 213 per 100 mobil. “Jumlah ini meningkat 2,8 kali dibanding jumlah keluahan yang dilayangkan pemilik selama tahun 2021,” bunyi pernyataan lembaga tersebut.
Riset ini didasarkan tanggapan dari 3.914 pemilik mobil baru yang dibeli pada Juni 2021 dan Maret 2022. Mobil baru yang dibeli konsumen itu terdiri dari 247 model dari 56 merek yang tersebar di 70 kota di seantero Republik Rakyat Cina.
Keluhan terbanyak yang disampaikan pemilik terkait dengan desain yang buruk. Secara rinci keluhan soal desain itu meliputi desain eksterior, bau yang tidak sedap di kabin, hingga suara bising di bagian dalam atau kabin mobil.
Jumlah keluhan terkait dengan desain ini mencapai 143 komplain dari 100 kendaraan. Jumlah ini meningkat 4,2 kali dibanding jumlah komplain atas persoalan yang sama di tahun 2021.
Di kalangan pabrikan lokal Cina, Changan berada di peringkat teratas yang terbanyak dikomplain, yaitu 219 komplain per 100 kendaraan. Kemudian Chery Auto, terbanyak kedua dengan 215 komplain, serta GAC Trumpchi dengan 215 komplain. (Jrr/Aa)