Bisnis

Januari – Juli 2025, Fuso Masih Dominasi Penjualan Ritel Truk di Indonesia

×

Januari – Juli 2025, Fuso Masih Dominasi Penjualan Ritel Truk di Indonesia

Share this article
Mitsubishi Fuso Fighter X yang dihadirkan di GIIAS 2025 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Dominasi merek berlambang tiga berlian itu – dalam penjualan kendaraan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) tidak hanya di periode tujuh bulan pertama atau periode Januari hingga Juli, tetpi juga di bulan Juli saja.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (22/8/2025) menunjukkan periode Januari – Juli itu, Mitsubishi Fuso meraup angka penjualan ritel 13.636 unit. Jumlah itu, lebih banyak 543 unit ketimbang penjualan ritel Isuzu Motor (yang di dalamnya termasuk Pick Up Isuzu Traga) yang sebanyak 13.093 unit.

Penjualan Mitsubishi Fuso ke konsumen di tujuh bulan pertama 2025 itu juga jauh di atas atau jauh lebih banyak dibanding penjualan kendaraan komersial Hino. Truk dan bus Hino yang dipasarkan oleh PT Hino Motor Sales Indonesia (PT HMSI) laku sebanyak 11.777 unit di periode Januari – Juli 2025.

Sementara, pabrikan lainnya yang juga berasal dari Jepang – yakni UD Trucks – penjualan ritelnya pada kurun waktu yang sama sebanyak 880 unit. Tentu, jumlah ini jauh di bawah jumlah penjualan ritel Mitsubishi Fuso.

Ilustrasi, salah satu varian model truk ringan Fuso yang dipasarkan di Indonesia – dok.Mobilitas

Begitu pula dengan penjualan pabrikan truk asal Republik Rakyat Cina FAW, dan pabrikan asal Swedia, Scania. Masing-masing pabrikan itu menjual truk sebanyak 427 unit, dan 323 unit.

Sedangkan pabrikan asal India – Tata Motors – yang di Indonesia fokus berjualan truk, saat ini tidak ada laporan penjualannya. Sumber di Gaikindo yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (22/8/2025) menyebut PT Tata Motors Distribusi Indonesia (PT TMDI) terakhir kali melaporkan penjualan pada Mei 2024 lalu.

“Tapi, sampai saat ini, Tata Motors masih tercatat sebagai anggota Gaikindo,” kata dia. (Anp/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id