Januari – Juli di RI, Penjualan Kia Sonet dan Seltos Masih Jeblos

0
1180
Kia Seltos saat dipamerkan di GIIAS 2022 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Januari hingga Juni total penjualan Kia baik ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel) anjlok.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Senin (29/8/2022) menunjukkan selama tujuh bulan pertama itu total jumlah wholesales yang diraup Kia hanya 927 unit. Jumlah ini jeblos 53,6% dibanding periode sama tahun lalu.

Sementara, total jumlah penjualan ritel mobil yang dijajakan PT Kreta Indo Artha (PT KIA) di saat yang sama hanya 881 unit. Jumlah tersebut anjlok hingga 51,6% dibanding penjualan pada periode sama di 2021.

Kia Sonet yang dijual di Indonesia – dok.Mobilitas

Beberapa model andalan Kia di Indonesia penjualannya memang muram. Di antaranya, SUV kompak Kia Seltos dan small SUV Kia Sonet.

Fakta berbicara, sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini Kia Seltos yang kini berbanderol Rp 329 – Rp 433 juta on the road Jakarta itu hanya meraup angka wholesales sebanyak 165 unit. Jumlah ini merosot 45,2% dibanding wholesales di kurun waktu yang sama tahun lalu.

Pada saat yang sama, Kia Sonet hanya mengoleksi angka wholesales sebanyak 574 unit. Jumlah ini terperosok hingga 65,6% dibanding jumlah yang berhasil dikantongi selama tujuh bulan pertama 2021. (Din/Aa)