Januari – September 2023, Penjualan Daihatsu Rocky ke Konsumen di RI Anjlok

0
1688
Daihatsu Rocky - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Padahal, total penjualan seluruh mobil Daihatsu ke konsumen (penjualan ritel) Daihatsu selama sembilan pertama itu tercatat meningkat.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Selasa (10/10/2023) menunjukkan, selama periode Januari – September 2023 itu, mobil Daihatsu yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terjual ke konsumen sebanyak 149.625 unit.

Jumlah ini meningkat 6,2 persen dibanding penjualan ritel pada periode sama di 2022, yang sebanyak 140.894 unit. Namun ternyata tidak semua mobil Daihatsu penjualan ritelnya meningkat pada saat itu, tetapi justeru merosot.

Salah satu mobil yang mencatatkan kinerja seperti itu adalah, Daihatsu Rocky. Data Gaikindo menyebut, selama sembilan bulan pertama tahun ini, total angka penjualan ritel yang berhasil dikoleksi SUV kompak Daihatsu itu hanya sebanyak 5.033 unit.

Daihatsu Rocky – dok.Daihatsu

Jumlah tersebut berkurang banyak alias anjlok hingga 2.897 unit dibanding total angka penjualan ritel yang berhasil diseroknya pada periode sama di 2022. Selama Januari – September 2022 itu, Daihatsu Rocky terlego ke konsumen sebanyak 7.930 unit.

Sekadar informasi SUV kompak berplatform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) itu, saat ini berbanderol Rp 207,45 juta – Rp 272,35 juta. Dia pertama kali diluncurkan pada April 2021 dengan satu varian mesin yakni 1.0 liter tiga silinder plus turbo intercooler.

Namun, pada 17 Juni di tahun itu, PT ADM meluncurkan varian anyar bermesin 1.2 liter WA-VE tiga silinder. Sedangkan soal penjualan ritel, mobil ini diproduksi di pabrik Daihatsu Motor Indonesia di Karawang, Jawa Barat itu sejak April hingga September mengantongi angka penjualan 3.458 unit. (Din/Aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here