Jelang Usia 35 Tahun, Aleix Espargaro Putuskan Pensiun dari MotoGP

0
697
Aleix Espargaro Villa - dok.MIchelin via Motorcycle Sports

Jakarta, Mobilitas – Aleix Espargaro yang memulai karir balapnya sejak tahun 2004 itu, membalap di laga MotoGP bersama tim Aprilia Racing selama delapan tahun.

Kini setelah 20 tahun menjadi penunggang  motor di laga adu kecepatan itu, dia menyatakan akan pensiun di akhir tahun 2024 nanti. Keputusan itu dia ungkap bersamaan digelarnya seri balap di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Kamis (23/5/2024).

Pembalap kelahiran Granolles, 30 Juli 1989 itu menyatakan akan lengser sebagai pembalap reguler MotoGP .

“Saya senang bisa mengumumkan keputusan saya untuk mengakhiri kiprah sebagai pembalap full time selama 20 tahun yang saya jalani di paddock yang indah ini. Saya sangat senang dan bangga dengan apa yang telah kami lakukan, bersama Tim Aprilia Racing. Kami membuat sejarah dan ini tidak akan pernah terlupakan,” ungkap seperti dirilis Aprilia Racing dan dikutip Mobilitas di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Aleix Espargaro saat meraih podium di seri balap MotoGP di Argentina 2022 – dok.Istimewa

Selama karirnya, pembalap bernama lengkap Aleix Espargaro Villa itu pernah menjadi juara FIM CEV 125 atau FIM Junior GP pada 2024. Prestasi itu dia ukuir sebelum memulai karir sebagai pembalap Grand Prix pada tahun 2005.

Pencapaian prestasi di laga MotoGP diukir Aleix bersama tim Aprilia Racing saat membalap di seri balapan di sirkuit Termas De Rio Hondo, Argentina, pada musim balap 2022. Saat itu dia berhasil memenangi balapan di seri itu.

Sedangkan di masa balapan MotoGP musim balap 2023 hingga 2024 (sampai seri balapan di Catalunya, Spanyol, Mei 2024) ini Aleix telah mengoleksi tiga kemenangan balapan. Dimana dari dua kemenangan itu dia cetak di musim balap tahun 2023.

Aleix membalap dengan bendera tim Aprilia Racing selama delapan musim balapan. Selama masa itu, dia berhasil memetika tiga kemenangan yakni di sirkuit Termas De Rio Hondo, Argentina (tahun 2022), sirkuit Silverstone Ingrris tahun 2023, dan Barcelona Spanyol tahun 2023.

Aleix Espargaro saat mengukir prestasi bersama Aprilia Racing – dok.Istimewa

Bersama Aprilia Racing dia juga mencatatkan prestasi sprint tercepat saat berlaga di Barcelona tahun 2023. Selain itu mencatatkan tiga pole position dan 10 kali podium. (Eta/Aa)