Jual 2,8 Juta Motor, TVS Jadi Pabrikan Terbesar Kelima di Dunia

0
1218
Ilustrasi, TVS Ronin - dok.Istimewa via Financial Express

Chennai, Mobilitas – Pabrikan asal Chennai, India, telah menggusur koleganya dari India yakni Bajaj Auto.

Data McD Research yang dikutip Mobilitas, Senin (13/2/2023) menunjukkan, sepanjang 2022 itu TVS Motor Company berhasil melego motornya sebanyak 2,8 juta unit di dunia. Jumlah ini menanjak 14,8% dibanding tahun 2021.

“Dengan penjualan sebanyak itu, TVS menapaki posisi kelima. Dia menyalip Bajaj Auto,” tulis lembaga itu.

Pabrikan yang beberapa waktu lalu berhasil mengambil alih kepemilikan Norton Motorcycle Company (Inggris) itu membukukan kenaikkan penjualan di sejumlah negara dan wilayah. Di kampung halamannya, India, TVS mencatatkan kenaikkan penjualan sebesar 16,2%.

Sementara di kawasan Amerika Latin meningkat 19%. Tingkat kenaikkan sebesar itu dibukukan di Ekuador yang melejit 95,6%, Kolombia 23,3%, Honduras 23,3%, dan El Salvador 40% lebih.

TVS XL 100 yang laris di India – dok.Istimewa

Sedangkan di Asia Tenggara (wilayah Asean) Tvs mengklaim mencatatkan pertumbuhan penjualan di semua negara. Namun, penjualan di wilayah ini kontribusinya terhadap total penjualan hanya 2,1%.

Kini, TVS berada di ;ima besar bersama pabrikan-pabrikan asal Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Untuk menggenjot penjualan di era elektrifikasi, TVS mulai melangkah ke motor listrik.

Keterangan resmi TVS Motor yang dikutip Mobilitas, Senin (13/2/2023) pihaknya telah menggandeng ION Mobility untuk mengembangkan motor setrum itu.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan ION Mobility, perusahaan EV full-stack dengan tim insinyur dan basis teknis yang kuat di Singapura, untuk mendorong pertumbuhan kendaraan roda dua elektrik premium di kawasan ini,” ujar Managing Director TVS Motor Company, Sudarshan Venu. (Din/Aa)