Jual Motor Listrik, Honda Ditantang Bikin Harga Murah

0
1152
Motor adventure konsep dari Honda Motor Company - dok.Motorcycles News

Tokyo, Mobilitas – Honda menetapkan target mencapai netralitas karbon pada tahun 2040.

Seperti dilaporkan Reuters dan Wall Street Journal, Rabu (14/9/2022), untuk mencapai target itu Honda Motor Company Ltd bakal meluncurkan 10 model sepeda motor listrik selama tiga tahun ke depan (2022 – 2025).

“Honda menargetkan penjualan sepeda motor listrik mencapai 1 juta unit setiap tahun hingga lima tahun. Setelah itu, pada tahun 2030, target penjualan per tahun  menjadi 3,5 juta unit,” bunyi pernyataan Honda yang dikutip kedua media itu.

Honda terkesan sangat berhat-hati menapak ke jalur bisnis sepeda motor listrik.  “Elektrifikasi merupakan jalan yang panjang dan kami mempertimbangkan berbagai opsi. Tetapi, kami tidak memiliki rencana untuk memisahkan bisnis roda dua listrik menjadi unit bisnis baru untuk dicatatkan di bursa,” tandas Honda.

Honda PCX Electric – dok.Honda

Menurut analis industri di Tokyo Stock Exchange, Tomochiro Hataki, Honda bakal menghadapi tantangan yang tak ringan saat melangkah ke bisnis motor setrum itu. Terutama bagaimana memberikan harga yang terjangkau konsumen.

“Pasar terbesar Honda ada di negara berkembang, dimana harga merupakan hal yang sensitif bagi konsumen. Padahal sepeda motor berpenggerak listrik tentu tidaklah murah,” papar dia seperti dikutip The Business Financial, Rabu (14/9/2022).

Data MCD Research yang dikutip Mobilitas, Rabu (14/9/2022) menunjukkan, sepanjang Januari – Juli tahun ini Honda berhasil melego 9,7 juta motor di dunia. “Dari jumlah tersebut, 47,5% di antaranya terjual di Asia Tenggara,” bunyi keterangan MCD. (Din/Aa)