Makin Moncer di Thailand, Great Wall Motor Kian Agresif di ASEAN

0
1375
Mobil listrik Ora Good Cat yang juga dijajakan di Thailand - dok.Autovista Group

Jakarta, Mobilitas – Pabrikan mobil asal Baoding, Cina, itu menjadi merek baru yang laris di Thailand.

Data Federasi Industri Otomotif Thailand (FTAI) yang dikutip Mobilitas, Jumat (28/10/2022) menunjukkan, sepanjang Januari hingga September tahun ini total penjualan mobil Great Wall Motor di negara itu mencapai 8.094 unit. Jumlah ini melonjak dibanding periode sama di 2021, yang sebanyak 3.702 unit.

Ada beberapa model dijajakan di negeri itu. Mulai dari SUV Haval H6 hybrid, Haval Jolion hybrid, mobil listrik Ora Good Cat, hingga mobil listrik Ora Good Cat GT.

Bahkan, yang terbaru, Haval H6 Plug-in Hybrid (PHEV) diluncurkan 7 Oktober lalu. Asia Business Insight melaporkan, mobil ini terpesan 1.000 unit dalam waktu 40 menit di hari itu.

“Kehadiran SUV plug-in hybrid ini membuktikan bahwa Great Wall Motor tidaklah main-main dalam menggarap pasar Thailand yang merupakan pijakan utama untuk melompat ke pasar negara-negara tetangga di kawasan regional,” ungkap analis industri di Bursa Saham Thailand, Toche Kaochan.

Haval H6 PHEV diluncurkan di Thailand – dok.WhichCar

Sejak Juni 2021 lalu, pabrikan ini bahkan membangun pabrik di Rayong. Thailand juga dijadikan pusat R&D dan manufaktur mobil listrik utama di kawasan ASEAN.

“Dengan penduduk 600 juta jiwa lebih dan pertumbuhan ekonomi paling dinamis di dunia, ASEAN pasar yang sangat menjanjikan,” papar Kaochan.

Great Wall Motor juga melebarkan sayap bisnisnya di Filipina. Mulai 26 Oktober kemarin menunjuk Luxuriant Automotive Group, Inc sebagai distributor resmi dan langsung menjajakan produknya. (Jrr/Aa)