Joss, Kota Bekasi dan PLN Tambah 104 SPKLU

0
1076
Ilustrasi pengecasan baterai sepeda motor listrik - dok.New Atlas

Bekasi, Mobilitas – Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ini tersebar di berbagai titik mulai dari pusat perbelanjaan hingga stasiun.

Peresmian dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, di PLN Kota Bekasi, Jalan Cut Meutia, Bekasi, Kamis (27/10/2022) kemarin.

“PLN Kota Bekasi yang menyebarkan pengisian listrik di berbagai titik Kota Bekasi akan menjadikan masyarakat pemilik kendaraan listrik akan semakin mudah untuk mengisi daya mobil atau motornya. Tentu ini salah satu bagian pelayanan Pemerintah Kota Bekasi untuk masyarakat dalam penggunaan transportasi listrik,” papar Tri dalam keterangan resmi.

Kehadiran 104 SPKLU tersebut memperbanyak jumlah SPKLU yang saat ini hanya ada di stasiun Bekasi Timur. Hadirnya SPKLU baru tersebut juga diyakini dapat menopang pemasyarakatan kendaraan listrik, sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Ilustrasi, pengecasan baterai mobil listrik – dok.Istimewa

Data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dikutip Mobilitas, Jumat (28/10/2022) menunjukkan hingga bulan September tahun ini, populasi kendaraan listrik (listrik baterai atau BEV) di Indonesia telah mencapai 24.985 unit. Rinciannya, 21.668 sepeda motor listrik dan 3.317 mobil listrik.

Kendaraan tersebut tersebar di beberapa kota, dengan Jakarta – Bogor- Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) sebagai wilayah dengan jumlah kendaraan listrik terbanyak. (Nas/Aa