Meluncur di RI, Avanza dan Veloz Anyar Sekaligus Gedor Pasar Dunia

0
1337
Toyota Avanza generasi anyar alias generasi paling gres - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan akan meluncurkan versi paling baru dari Low MPV Toyota Avanza dan Toyota Veloz pada Rabu, 10 November nanti. Menariknya, peluncuran ini disebut sebagai world premiere alias peluncuran perdana sebuah produk yang ditujukan untuk pasar dunia.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto secara singkat menjelaskan arti kata world premier memang cocok untuk Avanza maupun Veloz. Pasalnya, kedua model itu sedari awal diproduksi dan dijual sudah diekspor ke sejumlah negara.

“Jadi pengertian istilah world premier itu tentu tidak salah, karena memang keduanya juga ditujukan untuk pasar ekspor juga. Soal kemana, bagaimana kinerja ekspor selama ini, dan sebagainya nanti saja dijelaskan pada saat peluncuran,” kata dia saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Pengumuman jadwal peluncuran Toyota Avanza dan Veloz terbaru di Indonesia dan World Premiere – dok.Istimewa

Mantan Presiden Direktur PT TAM periode 2002 – 2014, Johnny Darmawan, mengamini pernyataan Henry. Bahkan, pria yang juga sekaligus membidani kelahiran Avanza ini menyebut sejak dari awal MPV yang dijuluki sebagai ‘mobil sejuta umat’ itu sudah digadang-gadang menjadi anchor penjualan Toyota, baik di dalam negeri Indonesia maupun untuk pasar ekspor.

“Kita melihat, kultur orang Indonesia itu kekeluargaannya tinggi. Bepergian bersama teman, kolega, keluarga dalam satu mobil menjadi sebuah cara tersendiri dalam merekatkan tali silaturahmi. Dan ini jumlahnya banyak, sehingga MPV adalah mobil yang pas bagi mereka,” ujar Johnny saat dihubungi di Jakarta, Selasa (2/10/2021).

Toyota Avanza – dok.Auto2000

Pada sisi lain, lanjut dia, secara demografis dan peta strukrur kelas masyarakat, kelompok menengah (baik secara sosial maupun ekonomi) di Indonesia merupakan kelompok konsumen yang paling besar jumlahnya. Dengan pendapatan per kapita dan daya beli yang ada, maka diproduksilah Low MPV Toyota Avanza tersebut.

Trendsetter perkembangan low MPV
Ternyata sambutan konsumen di Tanah Air sangat luar biasa, sehingga mobil ini menjadi trendsetter berkermbang pesatnya segmen pasar Low MPV di Indonesia yang sebelumnya didiami Toyota Kijang. Bahkan, merek-merek lain pun tak lama kemudian mengikuti Toyota menggelonotorkan mobil sejemis dan sekelas dengan Avanza.

Insting bisnis dan strategi Toyota Indonesia ternyata tak meleset. Penjualan Avanza terus meningkat (bahkan hingga September 2021 ini atau 17 tahun setjak pertama dijual pada tahun 2004, Avanza telah terjual hampir 1,9 juta unit).

Toyota Avanza Veloz model yang ada saat ini masih menggunakan RWD – dok.TAM

Bahkan, sebut Johnny, tidak sedikit konsumen yang di beberapa negara yang menginginkannya. Sehingga, ketika dijajaki untuk ekspor ternyata responnya positif, sehingga ekspor pun terus dilakukan hingga saat ini.

“Kalau enggak salah sudah puluhan negara di dunia yang mendapatkan (ekspor) Avanza ini. Itu ada di Asia, Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik Selatan, dan lainnya,” kata pria kelahiran Jakarta, 1 Agustus 1952 itu.

Penjelasan Johnny klop dengan data yang ada di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Data yang disitat Mobilitas, Selasa (2/10/2021) menunjukkan, Avanza telah diekspor ke Brunei, Thailand, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Afrika Selatan, Afrika dan Meksiko.

Toyota Avanza yang beredar di pasar saat ini – dok.Istimewa

Avanza tercatat juga telah merambah pasar Lebanon, Qatar, Oman, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mauritius. Lalu, di pasar Guatemela dan Honduras di Amerika Latin, dan Vanuatu di Pasifik Selatan. (Yus/Aa)