Me:Mo dan OSANPO, Mobil Konsep Keren Daihatsu di JMS 2023

0
1129
Mobil Konsep Daihatsu MeMO yang dihadirkan di Japan Mobility Show 2023 - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Daihatsu Motor Company Ltd memamerkan lima mobil konsep di hajatan Japan Mobility Show (JMS) 2023, yang berlangsung di Tokyo Big Sight 25 Oktober – 5 November.

Mobil konsep yang berukuran mungil itu adalah Me:Mo, Uniform Truck, Uniform Cargo, Osanpo, dan Vision Copen. Dua di antaranya – yakni Me:Mo dan OSANPO – sangat menarik dicermati di tengah tren yang tengah gencarnya transisi mobilitas masyarakat yang menuju kendaraan elektrifikasi.

Sebab, keduanya merupakan mobil konsep yang akan mengusung sumber tenaga dari listrik. Keterangan resmi Daihatsu Motor yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (26/10/2023) menyebut Me:Mo merupakan kendaraan listrik baterai (BEV) dengan gaya fun yang dapat disesuaikan dengan setiap tahap kehidupan.

“Me;Mo mendukung penggunanya untuk menjadi diri sendiri. Mobil ini dibangun atas dasar keinginan Mendifinisikan Ulang Kebutuhan Pelanggan atas Kendaraan,” bunyi keterangan Daihatsu.

Maklum, mobil dengan dimensi panjang 2.955 milimeter (mm), lebar 1.475 mm, tinggi 1.590 mm, dengan wheelbase 1.985 mm itu tampilannya bisa diubah sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan menggunakan aksesoris pada bagian ban. Walhasil, tampilannya bisa dibuat lebih menarik.

Sementara, OSANPO merupakan mobil listrik mungil dengan atap terbuka, sehingga memberikan sensasi ke pengemudi dan penumpang mobil saat berkendara di alam terbuka. “OSANPO menawarkan kehidupan yang fun. Kendaraan mewah untuk menikmati alam sekitar dengan terpaan angin ketika dikendarai,” ungkap Daihatsu.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.330 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau wheelbase-nya 2.440 mm.

Mobil Konsep Daihatsu OSANPO yang merupakan mobil listrik baterai, dipamerkan di Mobility Show 2023 – dok.Istimewa

Jika Daihatsu menyajikan konsep-konsep mobil mungil – termasuk yang bersumber tenaga dari setrum – sangat rasional. Pasalnya, Daihatsu hingga saat ini dikenal sebagai spesialis mobil mungil (kei car) yang disegani, dan mobil-mobil jenis ini menjadi tulang punggung penjualan.

Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Jepang (JAMA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (26/10/2023) menunjukkan, sepanjang Januari – September tahun ini, Daihatsu melego 441.603 mobil di Jepang. Jumlah ini meningkat 8,5 persen dibanding periode sama di 2022.

Total penjualan itu dibukukan mobil reguler (mesin diatas 660cc) Daihatsu Thor sebanyak 8.041 unit (naik 8,1 persen dibanding Januari – September 2022). Selebihnya berasal dari keicar, yakni Daihatsu Tanto 115.817 unit (naik 76,4 persen), dan Daihatsu Move 84.389 unit (naik 29,2 persen).

Kemudian Daihatsu Taft 40.952 unit (merosot 5,7 persen), Daihatsu Mira 46.708 unit (merosot 1,4 persen), dan Daihatsu Copen 3.712 unit (naik 8,8 persen, Kemudian Daihatsu Cast 8.131 unit (merosot 28,6 persen), dan Daihatsu Wake hanya 3 unit atau anjlok 100 persen dibanding Januari – September tahun lalu. (Jrr/Aa)