Mercedes-Benz, Mobil Impor Terlaris di Jepang Saat Ini

0
1578
Ilustrasi, proses produksi mobil Mercedes-Benz - dok.AutomotiveNews.com

Tokyo, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Maret tahun ini, total penjualan mobil di Jepang mencapai 1.381.558 unit.

Jumlah penjualan selama triwulan pertama tersebut naik 15,4% dibanding periode sama di 2022 lalu. Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (6/4/2023) dari jumlah itu 82.208 unit di antaranya merupakan mobil asal luar negeri alias impor.

Menariknya, jumlah mobil yang diimpor itu termasuk mobil merek asal Jepang yang diproduksi di luar negeri.

“Impor dilakukan karena adanya kebutuhan atau permintaan yang kuat dari konsumen dalam negeri (Jepang). Tetapi, total jumlah mobil impor (dari 39 merek dari berbagai dunia) pada tiga bulan pertama tahun ini menyusut 2,5% dibanding periode sama di 2022,” bunyi keterangan JADA.

Di jajaran mobil asal impor ini, Mercedes-Benz tercatat sebagai mobil yang paling banyak dibeli konsumen Negeri Matahari Terbit tersebut. Selama tiga bulan pertama, mobil asal Jerman ini laku sebanyak 12,798 unit, dengan pangsa pasar 16,4%.

Ilustrasi, mobil Mercedes-Benz – dok.AFP

Mobil asal Jerman itu tidak hanya terlaris di kelompok mobil asal impor secara keseluruhan, tetapi juga paling laku di antara mobil asal Eropa maupun Amerika di Jepang. Terlaris kedua adalah Bayerische Motoren Werke (BMW), dengan total 8.436 unit.

Kemudian, Volkswagen di urutan kedua setelah laku sebanyak 6.644 unit. Dia disusul koleganya asal Jerman, Audi yang terjual sebanyak 6.571 unit.

Sedangkan di urutan kelima, terdapat MINI. Merek asal Inggris (milik BMW Group) ini meraup angka penjualan sebanyak 4.616 unit.(Din/Aa)