Penjualan Ritel Mobil Mitsubishi di Oktober 2023 Merosot untuk Kedua Kalinya

0
74
Mitsubishi New Xpander - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Total penjualan mobil berbagai jenis dari seluruh merek ke konsumen (penjualan ritel) pada Oktober tahun ini kembali merosot.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (17/11/2023) menunjukkan pada bulan kesepuluh itu total angka penjualan ritel yang dibukukan seluruh merek mobil mencapai 79.451 unit. Jumlah ini anjlok cukup parah (berkurang 10.200 unit), dibanding jumlah penjualan ritel yang dikoleksi pada bulan yang sama di tahun lalu, yang mencapai 89.651 unit.

Sejumlah mobil dari merek atau pabrikan kondang asal Jepang mencatatkan ambrolnya penjualan. Salah satunya, mobil Mitsubishi Motors yang dijajakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport ,salah pesaing yang juga harus dihadapi Isuzu MU-X di pasar Indonesia – dok.Istimewa

Pada Oktober tahun ini, hanya meraup aangka penjualan ritel sebanyak 5.842 unit. Jumlah ini melorot dibanding Oktober 2022 lalu yang masih sebanyak 6.109 unit alias berkurang 267 unit.

Namun, merosotnya penjualan ritel selama Oktober tahun ini, bukanlah kali pertama terjadi. Karena total penjualan ritel sepanjang Oktober 2022 itu sendiri, juga telah merosot dibanding jumlah penjualan ritel pada Oktober 2021 yang masih sebanyak 8.652 unit.

Dengan kata lain, merosotnya penjualan ritel mobil Mitsubishi pada Oktober tahun ini merupakan kemerosotan penjualan yang kedua kalinya dalam tiga tahun terkahir. Bahkan, kesenjangan penjualan ritel pada Oktober tahun ini dibanding Oktober 2021, sangat jauh karena selisihnya mencapai 2.810 unit. (Jrr/Aa)