Penjualan Motor di Vietnam Buntuti RI, Honda Menguasai

0
1438
Diler sepeda motor Honda di Vietnam - dok.VnExpress International

Hanoi, Mobilitas – Dengan jumlah penduduk 97,24 juta jiwa pasar sepeda motor Vietnam terbesar kedua setelah Indonesia.

Keterangan Asosiasi Produsen Sepeda Motor Vietnam (VAMM) yang dikutip Mobilitas, Kamis (27/10/2022) menyebut selama Januari – September tahun ini tak kurang dari 1,92 juta motor terjual di negara itu. Jumlah ini disebut meningkat 16,2% dibanding periode sama di 2021.

“Ada lima pabrikan yang menjadi penjual produk terbanyak, yaitu Honda, Piaggio, Suzuki, SYM, dan Yamaha. Selain itu, pabrikan sepeda motor listrik asal Cina juga mulai menggarap pasar Vietnam,” tulis Vietnam Plus.

Namun dari jumlah penjualan tersebut, Honda tercatat masih sebagai penguasa pasar dengan mencengkeram 80% pangsa pasar. Sisanya, atau 20% diperebutkan empat pabrikan lainnya.

Ilustrasi, motor Harley-Davidson Pan America 1250 diluncurkan di Vietnam – dok.Motosaigon

Total penjualan motor di Vietnam itu merupakan yang terbesar kedua di kawasan regional Asia Tenggara. Negeri Paman Ho ini membuntuti Indonesia, yang di sembilan bulan pertama tahun ini melego 3.612.360 unit atau melorot sekitar 5% dibanding tahun lalu.

Data VAMM juga memperlihatkan, sepanjang tahun 2021 lalu sebanyak 2,492 juta motor terjual di negara berjuluk Negeri Naga Biru tersebut. Jumlah itu meningkat 8,1% dibanding jumlah penjualan yang tercetak di tahun 2020.

Honda menjadi pabrikan dengan penjualan terbanyak. Pabrikan berlambang sayap mengepak ini memcengkeram pangsa pasar hingga 79,9% di tahun tersebut. (Jrr/Aa)