Piaggio One: Skuter Listrik Kekinian, Berbanderol Rp 39 Jutaan

0
503
Piaggio One, skuter listrik Piaggio - dok.Istimewa

Beijing, Mobilitas – Pabrikan skuter kodang asal Italia – Piaggio – membuat gebrakan anyar di pasara dunia, dengan menyodorkan skuter listrik bergaya kekinian dengan membidik pasar anak muda. Untuk tahap pertama, Cina menjadi sasaran pertama pemasaran.

Maklum, negara dengan jumlah penduduk 1,43 miliar jiwa ini memiliki jumlah penuuk usia muda yang sangat banyak. Totalnya hampir setengah dari jumlah penduduk negara berjuluk Negeri Panda itu.

Untuk menggaet anak muda, Piaggio menggunakan jejaring sosial yang lagi ngetren di Cina maupun dunia, yakni TikTok untuk pengenalan produk itu. Setelahnya, skuter betenaga dari setrum ini diperkenalkan di hajatan Beijing Motor Show 2021 yang baru saja berlangsung.

Seperti dilaporkan laman RideApart dan Sino Auto, belum lama ini, Piaggio membanderolnya mulai 17.800 yuan atau sekitar Rp 39,7 juta (kurs 1 yuan = Rp 2.229,77). Ada tiga varian yang ditawarkan.

Piaggio One di tahap pertama dipasarkan di Cina – dok.Istimewa

Varian pertama, Piaggio One mengusung baterai 48V 1,4kWh dan motor listrik 1,2 kW yang menghasilkan torsi 85 Nm. Varian ini sanggup berlaku hingga 45 kilometer per jam (kpj) dengan jangkauan jelajah hingga 55 km .

Sementara varian kedua, yakni One+, berbaterai yang lebih besar yakni 2,3 kWh dengan motor listrik 1,4 Kwh. Daya jelajah varian ini mencapai 100 kilometer. Namun kecepatan maksimal tetap 45 kilometer.

Sedangkan varian ketiga One Active berbaterai 2,3 kWh tetapi mesinnya berdaya maksimum 2 kW dengan mencapai 95 Nm. Dengan modal daya dan torsi sebesar itu, varian ini sanggup berlaku hingga 60 kpj dengan daya jelajah 85 km.

Tampilan depan Piaggio ONE – dok.Istimewa via Autocar India

Ketiga varian menggunakan dinamo yang terletak di hub belakang dan baterianya sudah memakai sistem pengisian cepat dan dapat dilepas atau diganti dengan baterai yang sudah terisi daya. Proses pengisian daya baterai selama enam jam.

Selera anak muda
Piaggio sengaja membidik konsumen usia muda. Dan untuk tahap pertama anak muda di Cina menjadi sasaran utama. Setelah itu – meski belum disebutkan secara jelas negaranya – aak-anak muda negeri lain juga dibidik.

“Piaggio pelopor tren skuter dunia akan menampilkan tren terbaru dalam mobilitas perkotaan dan metropolitan,” bunyi pernyataan pabrikan.

Sebagai tunggangan yang diperuntukkan bagi kaum milenial, maka gaya desain dan teknologi yang diusung Piaggio One juga diselaraskan dengan kebutuhan dan minat mereka. Gaya minimalis tetapi sporty – yang merupakan gaya desain yang sangat disukai kalangan muda – diadopsi.

Piaggio One – dok. Times Now

Fitur-fiturnyapun demikian. Panel instrume misalnya , menggunakan teknologi digital dengan sensor untuk menyesuaikan latar belakang dan luminositas dengan kondisi ambien.

Semua lampunya – baik lampu utama, lampu belakang, hingga sein – menggunakan LED. Menariknya, sistem pengaktifan motor listrik tanpa menggunakan kunci alias keyless.

Soal daya dukung baterai yang hanya sanggup – varian tertinggi – mendukung penjelajahan hingga 100 kilometer, diklaim Piaggio bukanlah kendala. Karena baterai yang habis dayanya bisa ditukar dengan baterai yang terisi penuh di tempat penukaran resmi, biayanya pun disebut sangat terjangkau. (Swe/Dis/Aa)