Piaggio Masih Jadi Juara Tiga Penjualan Motor di Thailand

0
1146
Piaggio One di tahap pertama dipasarkan di Cina - dok.Istimewa

Bangkok, Mobilitas – Pada Januari – Oktober penjualan sepeda motor di Thailand hampir 1,5 juta unit.

Data Automotive Club di Federasi Industri Thailand yang dikutip Mobilitas, Rabu (23/11/2022) menunjukkan, total penjualan selama sepuluh bulan pertama itu mencapai 1.499.973 unit. Jumlah ininyaris menyamai angka penjualan sepanjang 2013.

Menariknya, tiga penguasa pasar kendaraan bermotor roda dua Negeri Gajah Putih itu bukan hanya merek atau pabrikan asal Jepang, lazimnya yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara. Namun, juga merek atau pabrikan asal Italia yakni Piaggio.

Fakta data berbicara, selama Januari hingga Oktober tahun ini, Honda berhasil melego 1,1 juta unit lebih yang sekaligus membawanya bercokol di urutan pertama dalam tiga besar pabrikan penjual terbanyak. Jumlah penjualan merek berlambang sayap mengepak ini naik 12,9% dibanding periode sama di 2021.

Skuter Vespa yang merupakan bagian dari Piaggio – dok.Review Bukalapak

Dia disusul Yamaha yang mengantongi angka penjualan sebanyak 241.487 unit atau menanjak 10,8% dibanding sepuluh bulan pertama di tahun lalu. Sedangkan Piaggio yang bertengger di urutan ketiga, meraup angka penjualan sebanyak 40.384 unit.

Total penjualan yang dikoleksi merek itu melonjak 52% dibanding Januari – Oktober 2021. Sepanjang tahun 2021, dari total penjualan motor di Thailand yang sebanyak 1,61 juta unit, merek ini bersemayam di urutan ketiga. (Din/Aa)