Range Rover Sport SVR Anyar akan Meluncur, Diklaim Tercepat dan Tercanggih

0
1216
Range Rover Sport SVR versi anyar tengah dites di Italia - dok.Istimewa via MotorAuthority

Whitley, Mobilitas – Jaguar Land Rover (JLR) menyebut generasi anyar ini merupakan Range Rover Sport tercepat, paling dinamis, dengan teknologi paling canggih.

Kalimat itu terungkap dalam tayangan video yang menunjukkan proses pengujian SUV itu di beberapa litasan dengan karakter yang beragam di Nardo, Italia. Tayangan video memperlihatkan, versi paling anyar Range Rover Sport SVR itu mampu melahap berbagai jenis lintasan, mulai dari bukit pasir, perairan, salju, hingga gurun.

Tayangan video itu juga menyiratkan pesan khusus, bahwa model terbaru itu nantinya tidak akan mengusung nama SVR lagi, tetapi cukup SV. Selain itu, kemungkinan besar model paling gres alias paling baru ini akan ditawarkan dalam versi edisi khusus.

Indikasi itu terlihat dari jumlah undangan yang disebar untuk peluncuran resmi pada 31 Mei nanti, sangat terbatas. Berbagai kalangan menduga, eksklusifitas mobil ini juga terlihat dari mesin yang digunakan, agar sesuai dengan peraturan tentang standar emisi gas buang kendaraan di Eropa.

Kendati belum menyajikan informasi terkait spesifikasi, namun kabar yang beredar menyebut Range Rover Sport SVR versi anyar ini tak akan mengusung mesin V8 5.0 liter supercharged milik JLR. Sebab mesin yang digunakan versi lama (yang ada di pasaran) sudah tak sesuai dengan peraturan emisi yang semakin ketat.

Ranger Rover Sport SVR yang saat ini ada di pasar global – dok.Istimewa via Top Gear

Terlebih, Range Rover Sport standar sudah menggunakan mesin BMW N63. Sehingga versi ternayar yang diduga kuat juga sebagai versi tertinggi ini kemungkinan juga menngunakan mesin milik pabrikan asal Munich, Jerman , itu.

Tetapi yang pasti, kehadirannya bakal menjadi amunisi “tajam” bagi JLR untuk menggempur pasar yang kini berada di kondisi persaingan ketat. Meski, di Januari – Maret 2023 ini, penjualan JLR di pasar global cukup muncer.

Data internal di Tata Motor (induk perusahaan Jaguar Land Rover) yang dikutip Mobilitas, Senin (24/4/2023) menunjukkan, selama kuartal pertama itu JLR mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 107.386 unit. Jumlah itu termasuk penjualan 12.737 unit kendaraan dari perusahaan patungan antara JLR dan Chery Automobiles (CJLR).

Jumlah penjualan di tiga bulan pertama ini jauh lebih banyak dibanding periode sama 2022, yang masih sebanyak 79.008 unit. (Din/Aa)