Tarif Jalan Tol Didiskon 20% Pada 27 – 29 April, di Sini Lokasinya

0
1296
Jalan Tol Trans Jawa - dok.Astra Infra

Jakarta, Mobilitas – Sejumlah operator jalan tol memberikan insentif berupa tarif diskon sebesar 20% selama 27 – 29 April 2023.

Menurut Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, yang dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Senin (24/4/2023) dengan diskon tarif itu diharapkan bagi pemudik lebaran yang ingin balik ke tempat tinggal di perantauan tertarik untuk melakukan perjalanan pada periode tersebut.

“Ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya yang tidak harus masuk kerja pada tanggal 25 atau 26 April. Karena puncak arus mudik diperkirakan pada hari ini, 24 April dan 25 April. Jika sebagian pemudik yang tidak tergesa-gesa balik melakukan perjalanan balik pada 27 – 29 April, maka kepadatan lalu-lintas tidak akan terjadi,” papar Triono.

Dia menyebut, ruas jalan tol yang memberlakukan diskon tarif itu ada di Pulau Jawa dan di Pulau Sumatera. Ruas yang ada di Jawa adalah Tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak, dan Cibitung-Cilincing, serta tiga ruas Tol Trans Jawa.

“Kemudian, tiga tiga ruas di Pulau Sumatra, yaitu jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung,” ujar Triono.

Ilustrasi, kartu pembayaran jalan tol bakal tidak digunakan lagi di sejumlah ruas – dok.Mobilitas.id

Sementara itu, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (24/4/2023) mengatakan pihaknya menambah diskon tarif 20% di Jalan Tol Trans Jawa selama atus balik.

“Diskon tarif ini hanya berlaku untuk perjalanan terus menerus, mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung (Semarang) sampai Gerbang Tol Cikampek,” papar dia.

Dengan kata lain, perjalanan dengan tarif tol terdiskon ini, akan melalui sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya. Mulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Diskon tarif berlaku 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. (Jap/Aa)