Semester Pertama, Cina Ekspor 476.500 Mobil Tesla ke Seluruh Dunia

0
1290
Ilustrasi, Tesla Model Y - dok.Teslarati

Shanghai, Mobilitas – Mobil Tesla yang terdiri dari Model 3 dan Model Y diproduksi di pabrik Shanghai, Cina.

Data Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Selasa (25/7/2023) menyebut, total ekspor mobil Tesla buatan Cina di Januari – Juni tahun ini setara dengan dua pertiga dari total penjualan mobil Tesla sepanjang 2022. Pada tahun tersebut Tesla melego 710.865 mobil (di dalam negeri Cina maupun ekspor).

Pada tahun itu pula, jumlah mobil Tesla yang diekspor selama enam bulan pertama 271.095 unit. Artinya, total ekspor Tesla di semester pertama tahun ini melonjak hampir dua kali lipat.

Fakta menarik dari ekspor di paruh pertama tahun ini adalah, dikirimnya Tesla Model Y buatan Cina ke Korea Selatan.

Mobil Tesla di Cina – dok.Teslarati

Ini merupakan pertama kalinya, karena pada tahun-tahun sebelumnya, Tesla Model Y yang dijual di Negeri Ginseng itu didatangkan dari pabrik Tesla di Fremont, Amerika Serikat.

Pada tahun ini pula Tesla di Cina untuk pertama kalinya mengekspor Tesla Model 3 dan Model Y ke Thailand. Ekspor perdana dilakukan awal tahun ini.

Sekadar informasi, total ekspor mobil elektrifikasi (yang terdiri dari mobil hybrid, plug-in hybrid dan listrik murni berbasis baterai atau BEV) Cina di paruh pertama tahun ini sebanyak 534.000 unit. Artinya, Tesla mendominasi ekspor mobil listrik dari negeri itu. (Din/Aa)