Tambah 8 Armada Baru, PO Transport Express Pakai Hino RM 280

0
1226
Empat dari delapan armada baru PO Transport Express Jaya dengan bais Hino Bus RM 280 ABS - dok.HMSI

Jakarta, Mobilitas – PT. Transport Express Jaya berdiri di Sumatera Barat pada tahun 1977.

Perusahaan yang berdiri sejak 1977 itu melayani jasa angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute Jakarta, Bogor, Sukabumi, Bandung dan Antara Kota Dalam Provinsi (AKDP) rute Padang-Bukit tinggi, Payakumbuh, Lubuk Basung dan Sei. Geringging ini terus meningkatkan layanan. Salah satunya dengan menambah armada baru.

“Perusahaan ini menambah delapan unit Hino Bus RM 280 ABS wide air suspension yang bermesin Euro 4,” bunyi keterangan resmi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), yang diterima Mobilitas di Jakarta, Minggu (8/1/2023).

Director PT HMSI Santiko Wardoyo menyebut jalur lintas Sumatera memiliki kondisi jalan yang beragam mulai dari jalan tol yang panjang, jalur lintas dengan medan menajak, curam, dan kadang berlumpur. “Untuk melewati medan yang panjang dan berat seperti ini, dibutuhkan armada yang terbukti keandalannya,” kata dia.

Hino RM 280 ABS wide air suspension Euro 4 yang digunakan sebagai armada PO Transport Express Jaya – dok.HMSI

Hino RM 280 yang sudah berstandar Euro 4 telah dilengkapi dengan overheat control system (OCS) menjadi jawabannya. OCS berfungsi mencegah engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.

Sekadar informasi, di 2022 kemarin, penjualan bus dan truk Hino di Indonesia cukup cemerlang. Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Minggu (8/1/2023) menunjukkan, pada Januari – November, 27.603 bus dan truk Hino terjual ke diler (wholesales).

Jumlah tersebut melonjak 52,2% dibanding 2021. Sedangkan penjualan dari diler ke konsumen (ritel) mencapai 26.571 unit, menanjak 54,5% dibanding 2021. (Swe/Aa)