Tesla Model S Plaid Terbaru Gedor Pasar Cina

0
1137
Teaser Tesla Model S Plaid terbaru atau model 2023 - dok.Istimewa via InsideEVs

Beijing, Mobilitas – Model S Plaid dan Model X Plaid itu diperkenalkan di China International Import Expo 2022.

Seperti dilaporkan laman Caijing.com, Selasa (1/11/2022) dari video teaser terlihat kedua model  itu memiliki tampilan baru, begitu pun di bagian interiornya. “Saat ini pre-order untuk kedua mobil itu sudah dibuka, namun belum disebutkan kapan jadwal pengirimannya ke pembeli,” tulis media tersebut.

Model S Plaid diklaim mampu berjalan 637 kilometer sekali cas baterai, dan dapat berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam 2,1 detik. Kecepatannya mencapai 322 km/jam, dan menjadikannya mobil listrik Tesla tercepat.

Baik Model S Plaid maupun Model X Plaid dibekali paket baterai 100 kWh. Mereka juga dilengkapi porpulsi tiga motor yang sekaligus menjadi keungggulannya dibanding para pesaing.

Hajatan China International Import Expo 2022 akan digelar mulai 5 November mendatang di Shanghai. Kota tersebut merupakan pusat produksi dan ekspor Tesla di Cina.

Ilustrasi, Tesla – dok.Istimewa

Jika Tesla menghasirkan dua amunisi baru untuk menggenjot penjualan di Cina itu wajar. Pasalnya, pabrikan besutan Elon Musk tersebut saat ini terus dibayangi oleh pabrikan lokal BYD (meski yang dijual BYD mobil listrik murni (BEV) dan plug-in hybrid).

Data EV Market Review yang dikutip Mobilitas, Rabu (2/11/2022) memperlihatkan, pada Januari – September tahun ini, BYD menjual 1.175.321 mobil elektrifikasi di pasar dunia. Rinciannya, BEV 582.130 unit dan PHEV 593.191 unit.

Pada saat yang sama, Tesla berhasil melego 908.573 unit. Namun, semua mobil yang dijual Tesla adalah BEV. Artinya, untuk penjualan BEV, Tesla masih rajanya.

Sementara, hingga saat ini, Cina masih menjadi negara dengan penjualan mobil elektrifikasi (BEV dan hybrid) terbanyak di dunia. Menurut Kementerian Keamanan Publik, selama Januari – September 3,71 juta mobil jenis itu terjual di Cina, meroket 98,48% year on year.(Swe/Aa)