XForce Datang, Pangsa Pasar Mitsubishi di Indonesia Mengembang

0
553
Mitsubishi XForce di Indonesia - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) kompak Mitsubishi ini diperkenalkan di Indonesia Agustus 2023 dan mulai dikirim ke pembeli pada November di tahun yang sama.

Sejak diperkenalkan, sebut Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Yoshio Igarashi, respon konsumen di Indonesia sangat positif.

“Dan sejak Mitsubishi XForce di-delivery (dikirimkan) ke konsumen (pembeli) yang kami lakukan mulai November 2023, kami berhasil mendapatkan market share sekitar 13 persen. XForce sangat penting bagi kami untuk saat ini. Penjualannya meningkat tajam karena disukai konsumen, dan market share kami (Mitsubishi) terbantu,” papar Igarashi saat konferensi pers Media Gathering MMKSI, di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Dia mengaku sangat menyadari persaingan di segmen SUV kompak di Tanah Air sangat ketat. Meski begitu,kata Igarashi, pihaknya akan terus berusaha keras untuk memenangi persaingan.

Mengemudi Mitsubishi XForce – dok.Mobilitas

“Sehingga untuk tahun fiskal 2024 ini targetnya (dengan memacu penjualan XForce Mitsubishi meraih pangsa pasar) 15 persen, dari sebelumnya 13 persen,” tandas Igarashi.

Sengitnya persaingan di segmen SUV kompak di Indonesia diakui Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto. Saat ini, kata Jongkie, hampir semua pabrikan atau merek yang ada di Indonesia menyodorkan mobil jenis dan kelas itu ke konsumen.

“Karena SUV secara keseluruhan memang menjadi tren. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Mengapa bisa begitu? Karena SUV memiliki karakteristik mampu melibas berbagai kondisi lintasan jalan, sehingga banyak diminati konsumen. Ternasuk SUV kompak ya,” papar Jongkie saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Menurut Jongkie, SUV kompak di Indonesia dapat respon positif dari konsumen, karena secara demografi sebagian besar pendudiuk kita itu kelompok milenial dan yang terbanyak 17 tahun – 45 tahun. Dari jumlah milenial ini, yang merupakan kelompok kelas menengah lebih dari setengahnya.

Perangkat sistem audio Mitsubishi XForce menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium – dok.Mobilitas

“Itulah yang menjadi konsumen potensial SUV kompak dan Low MPV, karena mereka merupakan kelompok trnasisional ke SUV dan MPV medium ke atas,” tandas Jongkie.

Adapun Mitsubishi XForce merupakan SUB dengan lima kursi penumpang yang dibanderol Rp 379,9 juta – Rp 412,9 juta on the road Jakarta. Mobil ini dibekali sederet fitur penunjang keamanan dan kenyamanan canggih, salah satunya perangkat sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium. (Hen/Aa)