Yangwang U8, SUV Listrik BYD Pelibas Mercedes G-Class

0
1686
Yangwang U8 yang menyodok Mercedes G-Class dan Land Rover Defender - dok.Istimewa

Shenzhen, Mobilitas – Build Your Dream (BYD) kini jadi raja pasar mobil elektrifikasi (baterai atau BEV dan plug-in hybrid) dunia.

Kini, pabrikan yang didirikan Wang Chuanfu pada Februari 1995 itu, berambisi menjadi “raja” pasar semua jenis mobil elektrifikasi, baik BEV maupun plug-in hybrid di dunia. Termasuk, untuk segmen pasar atas.

Berkaitan dengan itu, pabrikan yang sebagian sahamnya dimiliki investor kondang Warren Buffet itu, Kamis (5/1/2023) kemarin meluncurkan SUV listrik kelas atas Yangwang U8. Mobil off-roader listrik itu ditujukan sebagai pesaing Mercedes-Benz G-Class dan Land Rover Defender.

SUV full sive inidibekali empat motor listrik 800 volt. Teknologi yang dirancang selama dua tahun, diyakini mampu bersaing dengan SUV mewah dari pabrikan lain, baik konvensional maupun listrik.

“SUV ini memiliki semburan tenaga total dari empat motor listrik itu hingga 1.000 daya kuda (hp), serta kecepatan rotasi hingga 20.500 rpm,” bunyi keterangan BYD yang dikutip Mobilitas, Jumat (6/1/2023).

Tampilan belakang SUV listrik Yangwang U8 – dok.Istimewa

Dengan tenaga sebesar itu, mobil ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam hanya dalam tempo dua detik. Kemampuan ini setara dengan kemampuan akselerasi mobil-mobil sport apapan atas, termasuk mobil besutan Lamborghini.

Arsitekturnya dibuat khusus dan dilengkapi isolator menghalau kebisingan di luar kabin, sehingga ruang kabin memiliki kekedapan suara yang tinggi. Bahkan, air dijamin tak mampu menyelusup ke kabin ketika mobil melibas jalanan tergenang air dan hujan deras.

Hanya, hingga kini BYD belum memberikan informasi soal harga SUV setrum itu.Meski, sumber di internal pabrikan menyebut banderol mobil itu di atas 1 juta yuan.

Data internal BYD yang dinukil Mobilitas menunjukkan, sepanjang tahun 2022 kemarin pabrikan ini telah melego 1,86 juta mobil elektrifikasi. Sementara Tesla menjual 1,37 juta unit, hanya mobil listrik murni (BEV). (Din/Aa)