10 Merek Mobil Paling Laku di Singapura Saat Ini

0
2272
Mobil Toyota yang dipasarkan di Singapura - dok.The Business Times

Singapura, Mobilitas – Pemerintah Singapura yang terus menggalakan penggunaan mobil listrik, mulai dilaksanakan oleh masyarakat negeri berpenduduk sekitar 6 juta jiwa tersebut. Pembelian mobil listrik mulai meningkat, meski mobil konvensional dengan pembakaran internal masih mendominasi.

Bahkan seperti dilaporkan The Best Selling Cars, belum lama ini, sepanjang bulan Agustus tahun ini penjualan mobil listrik baterai (listrik murni) Tesla meroket hingga 8.150% dibanding bulan yang sama tahun 2020. Dengan penjualan di bulan tersebut, maka total penjualan mobil Tesla selama Januari – Agustus di negara kota itu mencapai 203 unit, meroket 1.591,7% dibanding periode sama tahun 2020.

Tesla Model 3 – dok.Istimewa

Meski, dilihat secara keseluruhan penjualan mobil – dengan berbagai jenis sumber tenaga, baik konvensional diesel maupun bensin, plus motor listrik – merek Tesla baru bercokol di urutan ke-22 dari 40 merek mobil yang bermain di Negeri Merlion tersebut. Tesla – yang saat ini tercatat sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia – sekarang baru mampu mencuil 0,6% pangsa pasar mobil di Singapura.

Fakta data memperlihatkan, di kurun waktu delapan bulan pertama tahun ini, di daftar 10 besar merek mobil terlaris masih dihuni oleh merek mobil yang menawarkan mobil konvensional (yang di dalamnya juga ada model hybrid).

Toyota (termasuk di dalamnya merek mewah Lexus) masih bercokol di urutan pertama dengan total penjualan 6.705 unit. Merek asal Jepang ini menggenggam 20,5% pangsa pasar.

Produksi mobil Mercedes-Benz di sebuah pabriknya di Jerman – dok.Tek Deeps

Mercedes-Benz bersemayam di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 4.937 unit dengan pangsa pasar 15%. Dia disusul koleganya satu negara, BMW yang bertengger di urutan ketiga setelah berhasil melego produk 3.937 unit dan mencomot 12% pangsa pasar.

Keempat, Honda dengan penjualan 3.251 unit dengan penguasaan pangsa pasar 9,9%. Kelima, Hyundai yang berhasil menjual 2.019 unit dan merebut pangsa pasar 6,2%.

Keenam, Mazda yang mobilnya laku sebanyak 2.003 unit dengan pangsa pasar 6,1%. Ketujuh Audi, setelah berhasil menjual 1.519 unit mobilnya dan mencuil 4,6% pangsa pasar.

Nissan Note yang dijual di Singapura – dok.CarBuyer Singapore

Kemudian Nissan mendiami posisi kedelapan, setelah mobilnya laku sebanyak 1.421 unit dan memetik 4,3% pangsa pasar. Posisi kesembilan dihuni merek asal Korea Kia yang berhasil menjual 974 mobil dan mencolek 3% pangsa pasar.

Sementara posisi kesepuluh ditempati Mitsubisi setelah berhasil melego mobilnya sebanyak 746 unit. Merek asal Jepang ini menjumput 2,3% pangsa pasar. (Vto/Aa)