Bisnis

Targetkan Pangsa Pasar 10 Persen di 2025, Ini Strategi yang Dimainkan Mitsubishi RI

×

Targetkan Pangsa Pasar 10 Persen di 2025, Ini Strategi yang Dimainkan Mitsubishi RI

Share this article
Ilustrasi, logo Mitsubishi Motors - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mematok target menggenggam pangsa pasar 10 persen di pasar mobil Tanah Air selama tahun fiskal 2025 (April 2025 – Maret 2026).

Head of Sales Group PT MMKSI, Budi Dermawan, dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas di Jakarta, Jumat (16/5/2025) mengatakan MMKSI telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk mencapai target pencapaian pangsa pasar 10 persen itu. Penyegaran produk New Xpander dan Xpander Cross yang diluncurkan 16 Mei 2025 sebagai bagian dari strategi tersebut.

‘Selain itu, MMKSI juga akan menghadirkan produk baru yang menyasar segmen pasar yang berbeda. Kami optimis terhadap prospek tahun fiskal 2025, dengan rangkaian produk berkualitas dan komitmen layanan terbaik, kami yakin dapat mencapai target market share 10 persen,” tandas dia.

Budi Dermawan yang ditemui di sela acara media gathering tersebut MMKSI optimis menghadapi tahun fiskal 2025 itu, karena sepanjang tahun 2024 lalu memiliki pengalaman ynag positif. Pada tahun itu, meski pasar otomotif nasional mengalami penurunan permintaan dan menghadapi berbagai tantangan, namun MMKSI berhasil mencatatkan peningkatan market share menjadi 8,2 persen.

New Xpander alias Xpander versi pembaruan dan peningkatan diluncurkan 16 Mei 2025 – dok.Mobilitas

“Pencapaian ini mencerminkan kekuatan dan daya saing produk Mitsubishi di tengah kondisi pasar yang kompetitif,” ujar dia.
Beberapa lini produk andalan menunjukkan performa yang membanggakan. Mitsubishi Xforce, SUV 5-seater yang diluncurkan pada akhir 2023, berhasil meraih market share 14 persen sepanjang 2024 dan menjadi mobil terlaris kedua di segmennya.

Kemudian, Mitsubishi Xpander berhasil mengenggam pangsa pasar 23 persen, dan Mitsubishi New Pajero Sport memberikan kontribusi signifikan dengan market share mencapai 40 persen. Lalu, All New Triton merebut market share 39 persen di segmen kendaraan niaga ringan.

Sementara, dalam mempertajam penetrasi pasar, MMKSI memperluas jaringan penjualan dengan menambah 10 dealer baru. “Sehingga total jaringan resmi yang menjual kendaraan penumpang dan niaga ringan kini mencapai 172 dealer di seluruh Indonesia,” ujar Budi Dermawan.

Mitsubshi New Xpander Cross yang diluncurkan di Indonesia pada 16 Mei 2025 – dok.Mobilitas

Namun yang tidak kalah penting, lanjut Budi, peran aspek layanan purna jual yang memuaskan pelanggan. Dalam layanan itu, MMKSI bahkan mencatat tren positif dimana penjualan suku cadang meningkat sebesar 2 persen.

“Ini membuktikan kepercayaan konsumen terhadap penggunaan suku cadang resmi Mitsubishi. Bahkan jumlah kendaraan yang masuk untuk perawatan (service incoming unit) juga meningkat sebesar 2,5 persen. Nah, semua langkah ini kita pertajam dan tingkatkan untuk mencapai target pencapaian pangsa pasar 10 persen itu,” tandas Budi. (Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id