Jakarta, Mobilitas – Fakta juga berbicara, kendaraan niaga berlambang tiga berlian itu bertengger di urutan ketujuh di daftar 10 besar pabrikan mobil (baik angkutan penumpang maupun barang) dengan penjualan dari dealer ke konsumen(penjualan ritel) terbanyak di Indonesia selama bulan kesepuluh 2025 itu.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Jumat (14/11/2025) memperlihatkan, pada Oktober tersebut jumlah kendaraan Fuso yang terlego ke kobsumen mencapai 2.387 unit. Jumlah ini meningkat dibanding penjualan ritel pada bulan sebelumnya atau bulan September, yang sebanyak 2,206 unit.
Dengan penjualan ritel sebanyak itu, Fuso mengungguli Isuzu yang menjual sebanyak 2.096 unit (termasuk pickup Isuzu Traga) dan berada persis berada di belakang Fuso dalam daftar 10 besar pabrikan mobil dengan penjualan ritel terbanyak itu. Fuso yang dipasarkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) itu juga jauh mengungguli Hino yang menjual 1.867 unit dan menempati posisi kesembilan.
Mitsubishi Fuso Indonesia, sebelumnya, di periode Januari – September alias tiga kuartal pertama 2025, sudah merajai penjualan ritel kendaraan niaga. Dia membukukan penjualan sebanyak 17.908 unit dan di atas Isuzu yang menjual 17.508 unit, Hino 14.934 unit, UD Trucks 1.021 unit, FAW 768 unit, dan Scania yang menjual 355 unit.

Sementra itu, meski saat ini kondisi pasar otomotif termasuk segmen kendaraan niaga di Tanah Air menghadapi tantangan yang cukup berat namun Sales & Marketing PT KTB, Aji Jaya, mengku masih optimis penjualan Fuso masih akan melaju. Bahkan di tengah tren penurunan kinerja bisnis di sektor tambang dan konstruksi.
“Kami melihat di sektor logistik masih menggeliat ya, terlebih program pemerintah seperti program MBG (Makan Bergizi Gratis) terus berjalan dan bahkan semakin meluas. Ini menjadikan demand bahan pangan kebutuhan pokok yang dibutuhkan naik, sehingga memicu sektor logistik bergerak. Begitu pula di sektor perkebunan seperti sawit dan lainnya,” papar Aji yang ditemui Mobilitas usai Media Factory Visit di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (12/11/2025).
Menurut Aji, kini permintaan truk Mitsubishi Fuso dari sektor industri logistik dan manufaktur produsen barang-barang konsumsi konsumsi masyarakat tidak hanya truk ringan Canter maupun truk medium Fighter X rigid saja, tetapi juga Mitsubishi Fighter X Tractor Head 4×2.
“Bahkan kehadiran Fighter X Tractor Head 4×2 ini atas usulan kuat dari customer. Artinya, market-nya potensial,Ini yang membuat kami optimis sisa waktu satu setengah bulan di 2025 ini kami optimis penjualan masih melaju,” tandas Aji. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id












