Audi A6 e-tron Segera Meluncur, Platformnya Hasil Kolabs dengan Porsche

0
1232
Audi A6 e-tron - dok.Istimewa

Wolfsburg, Mobilitas – Audi mulai menggelontorkan Audi A6 e-tron ke pasar dunia awal 2024.

Seperti dilaporkan laman Latest Car News, Selasa (7/2/2023), sedan listrik Audi itu bakal bertarung sengit dengan BMW i5, Mercedes-Benz EQE, dan Tesla Model S. “Model ini akan menjadi salah satu mobil listrik pertama Grup Volkswagen yang menggunakan platform modular PPE, yang dikembangkan secara bersama oleh Audi dan Porsche,” sebut sumber di grup Volkswagen.

Seperti diketahui, Audi dan Porsche adalah bagian dari grup Volkswagen. Kini, konsep sedan itu telah final dan siap diproduksi. Tampilannya, seperti dikatakan Kepala Desainer Audi, Marc Lichte, sangat mirip dengan prototipe A6 e-tron Concept dan Audi A6 Avant e-tron concept.

“Pada akhir tahun (2023) ini, kami akan meluncurkan e-tron Q6. Beberapa bulan kemudian A6 -tron . Mobil concept dari sedan itu, saat ini sangat, sangat mirip dengan mobil produksi,” kata dia.

Lichte menyebut mobil itu elegan dan sederhana, namun memiliki daya pikat yang luar biasa. Dia menjelaskan, arsitektur PPE yang menggabungkan elemen platform J1 (Porsche Taycan) dan MEB (Volkswagen ID.3), akan menampilkan sistem kelistrikan 800 volt.

“Ini akan memungkinkan A6 e-tron mengisi daya maksimum 270 kW dalam arus DC (searah) dari kondisi 5% ke 80% hanya dalam waktu 20 menit,”  ujar dia.

Logo Audi – dok.NetCarShow.com

Audi telah mengonfirmasi bahwa A6 e-Tron akan tersedia dalam versi penggerak roda belakang yang membuatnya lebih efisien energi, sehingga mampu menempuh jarak 700 kilometer (WLTP) sekali cas baterai. Selain itu berpenggerak semua roda Quattro.

Mobil ini menggunakan dua motor listrik, yakni satu di as roda depan dan satu di belakang. Paket baterai yang digunakan berkapasitas 100 kWh.

“Semburan tenaganya mencapai 600 hp. Sehingga menjadikan mobil mampu berakselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 4 detik,” klaim Audi.

Mobil setrum ini akan menjadi amunisi baru bagi Audi untuk menggebrak dunia. Data internal Audi yang dikutip Mobilitas, Selasa (7/2/2023) menunjukkan di 2022, pabrikan ini menjual 118.196 mobil listrik murni (BEV).

Jumlah itu meroket 44,3% dibanding tahun sebelumnya, yang sebanyak 81.894 unit. (Din/Aa)