Austin Russel, Juragan Teknologi Mobil Otonom yang Akuisisi Forbes

0
1635
Austin Russel - dok.The Business Journals

New York, Mobilitas – Austin Russel adalah pengusaha muda kelahiran Newport Beach, California pada 13 Maret 1995.

Laporan Forbes dan biographyinsider yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Selasa (23/5/2023) menyebut pria bernama lengkap Austin Kingsley Russell ini merupakan seorang jenius. Dia mengenyam pendidikan di Irvine Beckman Laser Institute, Univeritas California, meski tak melalui pendidikan Sekolah Menengah Atas.

Hal itu dikarenakan kecerdasannya yang sangat luar biasa.  Sayang, di kampus itu dia hanya bertahan beberapa bulan saja, karena pindah ke Universitas Stanford untuk mempelajari Fisika Aplikasi.

Kendati begitu, Austin juga tak sampai tamat atau lulus menempuh pendidikan di perguruan tinggi itu. Dia memilih berbisnis, dan pada tahun 2012 atau saat usianya menginjak 17 tahun, mendirikan perusahaan teknologi otomotif bernama Luminar Technologies Inc.

Perusahaan ini mengembangkan teknologi lidar yakni teknologi pengemudian mobil secara otonom atau tanpa campur tangan pengemudi. Dengan teknologi yang berbasis radar dan sensor ini, mobil mampu melaju secara otonom.

Austin Russell-dok.Gizmochina

Bursa Saham Nasdaq, menyebut per 2022 lalu perusahaan ini memiliki kapitalisasi senilai US$ 2,1 miliar. Total penjualannya di tahun yang sama, senilai US$ 40,7 juta, dengan jumlah karyawan sebanyak 600 orang.

Sedangkan Forbes mencatat, pada tahun yang sama, total kekayaan Austin Russel mencapai US$ 1,26 miliar atau sekitar Rp 23,8 triliun. Dengan kekayaan sebesar itu, dia juga terus mengembangkan bisnisnya.

Dan yang paling anyar, pada Jumat (19/5/2023) Austin menyatakan segera merealisasikan pembelian mayoritas saham Forbes Global Media Holdings, dengan nilai US$ 800 juta atau sekitar Rp11,9 triliun. Forbes merupakan majalah bisnis kondang yang didirikan B.C. Forbes pada 1917.

Majalah yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat ini merupakan media rujukan para pebisnis dunia. Kini Forbes bersaing ketat dengan Bloomberg. (Aa)