BMW Seri 7 Terbaru Hadir di Akhir 2022, Ini Keunggulannya

0
1268
BMW Seri 7 yang ada saat ini - dok.Istimewa

Munich, Mobilitas – Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW), telah menjadwalkan peluncuran sedan BMW Seri 7 paling anyar pada akhir tahun 2022 mendatang. Sedan listrik berlabel BMW i7 xDrive60 itu merupakan mobil yang sumber tenaganya berasal dari listrik murni (full baterai).

Keterangan resmi BMW yang dilansir Bangkok Post dan Mobilitas, Jumat (29/4/2022) menyebut mobil ini hadir dengan motor listrik ganda yang menawarkan semburan tenaga hingga 544hp. Baterai penyokongnya berdaya 101,7 kWh, sehingga membuat sedan ini sanggup menempuh jarak hingga 625 kilometer,

“Konsumsi listrik sedan ini hanya 18,4 – 19,6 kWh per 100 kilometer,” bunyi keterangan pabrikan.

Tampilan interior BMW Seri 7 yang ada saat ini – dok.Istimewa

Generasi ketujuh BMW Seri 7 ini dibangun di atas platform CLAR (arsitektur cluster. Platform ini merupakan platform fleksibel BMW yang memungkinkan mobil dilengkapi dengan mesin pembakaran internal, Plug-in hybrid, hingga powertrain listrik murni atau listrik baterai.

BMW menyebut, di tahap awal di Eropa hanya ditawarkan dalam versi listrik murni. Namun untuk pasar Cina (yang merupakan pasar terbesarnya), Amerika Serikat, dan wilayah lain akan disajikan dalam versi bermesin bensin, diesel, serta hybrid ringan 48 volt, dan bahkan plug-in hybrid (PHEV).

Selain itu, juga akan ada dua versi M yang akan diluncurkan tahun depan. Versi pertama adalah plug-in hybrid M760e xDrive dengan tenaga maksimal 571hp dengan torsi 800Nm.

Tampilan bagian belakang BMW SEri 7 yang ada saat ini – dok.Istimewa

Sedangkan versi kedua, BMW i7 M70 xDrive, akan menjadi BMW paling kuat yang legal untuk digunakan di jalan raya. Motor ganda versi ini diklaim menghasilkan output maksimum lebih dari 600hp dengan torsi hingga1.000Nm.

BMW mengatakan bahwa akselerasi dari 0-100 kilometer per jam (kpj) dicapai daam waktu kurang dari 4 detik. (Vto/Aa)