Bukan Toyota atau Honda, Ternyata Ini MPV Terlaris di Dunia

0
1299
MPV Wuling Hongguang - dok.Istimewa

Shanghai, Mobilitas – Pasar mobil keluarga serbaguna (MPV) di dunia memanglah tidak sebesar pasar sedan, dan SUV (termasuk crossover). Meski begitu, di beberapa negara dan wilayah – terutama di Asia – MPV banyak menjadi pilihan utama, sehingga penjualannya meningkat dan pasarnya pun ikut bertumbuh.

Hasil penelitian Lembaga Perlindungan Lingkungan Internasional (AIEA) yang dilansir LEA Engery.org, belum lama ini, menyebut meski di tengah isu pengurangan emisi karbon dunia melalui pemasyarakatan kendaraan elektrifikasi, namun pasar MPV di sejumlah negara masih terus tumbuh.

“Hal ini dikarenakan pabrikan juga melakukan adapatsi dengan cara melakukan metamorfosa teknologi sumber energi penggerak MPV dari konvensional ke elektrifikasi termasuk hybrid, dan plug-in hybrid listrik. Meski, hingga kini 90% lebih MPV yang dijual ke konsumen masih bermesin pembakaran internal,” bunyi keterangan riset tersebut.

Honda Odyssey model terbaru – dok.Honda

Produsen mobil juga menyuguhkan beragam varian jenis dan kelas MPV untuk mengisi segmen pasar di berbagai negara. Laporan riset dari situs riset Focus2Move yang dilansir beberapa waktu lalu menunjukkan, ada 10 MPV terlaris di dunia sepanjang tahun 2021 lalu.

Dari daftar tersebut terlihat, ternyata MPV yang paling banyak terjual alias paling laris dibeli konsumen dunia bukanlah MPV buatan pabrikan terbesar di dunia Toyota, maupun sekondannya yang juga berasal dari Jepang, yakni Honda. Melainkan, Wuling Hongguang.

Mobil yang diproduksi oleh pabrikan kongsi SAIC Motors dengan General Motors dan Wuling Motors (SGMW) sejak September 2010 itu, sepanjang tahun 2021 kemarin laku sebanyak 259.000 lebih. Dia mencomot pangsa pasar MPV dunia sebanyak 6%.

Toyota Alphard yang dipasarkan di Indonesia – dok.Istimewa via Toyota Makassar

Jika MPV ini paling banyak terjual – meski hanya di pasar Cina saja – itu bisa dimaklumi. Pasalnya, Republik Rakyat Cina yakni negara dengan jumlah penduduk (menurut Biro Survei Amerika Serikat dan UNDP PBB) sekitar 1,4 miliar jiwa itu merupakan pasar mobil terbesar di dunia.

Menurut data yang dirilis Asosiasi Produsen Otomotif Cina (CAAM), yang dikutip laman China Daily, Senin (17/1/2022) penjualan mobil di Negeri Panda itu selama tahun 2021 kemarin mencapai 26,28 juta unit, atau naik 3,8% dibanding tahun sebelumnya. Artinya, penjualan sebuah MPV di Cina saja, jumlahnya bisa melebihi dari total penjualan di satu atau beberapa negara.

Suzuki Maruti EECO – dok.Autovista

Adapun 10 MPV terlaris di dunia sepanjang tahun itu adalah:
Wuling Hongguang: 259.200 unit
Buick GL8: 170.300 unit
Honda Odyssey: 162.000 unit
Toyota Roomy: 134.300 unit
Toyota Alphard: 134.030 unit
Toyota Sienna: 129.108 unit
Suzuki Maruti EECO: 118.100 unit
Kia Carnival: 113.700 unit
Kia Soul: 113.200 unit
Suzuki Maruti Ertiga:113.000 unit
Sumber: Focus2Move, CAAM, CPCA, 2022.
Keterangan: Laporan data penjualan dari beberapa merek sebagian hanya sampai dengan pekan ketiga Desember dan lainnya hingga akhir Desember 2021, namun selisih angka akhir diklaim tidak terlampau jauh. (Jrr/Aa)