Catat, di Tol Trans Jawa Kini Ada 129 Rest Area yang Bisa Disinggahi

0
1388
Ilustrasi, salah satu rest area di jalan tol Trans Jawa - dok.Istimewa via Blog HSR Wheel

Jakarta, Mobilitas – Tempat istirahat atau rest area (Tempat Istirahat dan Pelayanan atau TIP) itu terdiri dari tipe A,B,dan C.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono yang dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Jumat (7/4/2023) menyebut sampai dengan bulan Februari lalu total rest area di jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia ini masih sebanyak 127 TIP.

“Jumlah itu terdiri dari 79 TIP A, 38 TIP B, dan 10 TIP C. Kemudian di awal April mulai difungsionalkan dua TIP baru di KM 338 dan KM 339 di Ruas Tol Pemalang-Batang,” papar dia.

Triono memastikan pengelolaan traffic di TIP itu bakal dimaksimalkan dengan mengerahkan petugas khusus, tetap nyaman dan melayani pemudik tetapi tidak menimbulkan kemacetan.

Mengemudi di jalan tol dok.Inf.News

“Karena tahun ini diprediksi sebanyak 9,2 juta orang akan menggunakan jalur jalan tol Trans Jawa untuk mudik. Sehingga, dianalisa apakah jumlah TIP itu cukup memadai untuk istirahat pemudik. Menghimbau pemudik agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya saat istirahat dan memikirkan bergantian dengan pengguna jalan tol lain, akan terus kita lakukan,” ujar Triono.

Selain keberadaan rest area, kata Triono, BPJT juga melakukan pengecekan lintasan jalan di sepanjang jalan tol Trans Jawa apakah masih terdapat kerusakkan. Pengecekan dilakukan untuk menastikan apakah masih ada lintasan yang berlubang, rambu yang rusak, lampu penerangan jalan yang tidak berfungsi, dan sebagainya.

“Intinya kami ingin mewujudkan harapan masyarakat dan pemerintah, mudik lebaran tahun ini benar-benar aman dan nyaman,” tandas Triono. (Jap/Aa)