Daihatsu Klaim Sukses Rebut 19,4% Pangsa Pasar Mobil RI

Arif Arianto
2 Min Read
Ilustrasi, logo Daihatsu - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Agustus tahun ini, penjualan Daihatsu Indonesia diklaim naik 38%.

Keterangan resmi PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) yang diterima Mobilitas, Jumat (9/9/2022) menyatakan selama delapan bulan pertama itu, total penjualan ritel (ke konsumen) yang dibukukan mobil Daihatsu mencapai 123.584 unit. Jumlah itu naik 38% dibanding jumlah yang dikantongi selama periode sama tahun lalu, yang sebanyak 89.601 unit.

Pada kurun waktu yang sama, total penjualan ritel mobil di Tanah Air (dari berbagai pabrikan dan model) mencapai 637.000-an unit. Jumlah itu disebut meningkat 20% dibanding Januari – Agustus tahun lalu, yang mencapai 527.000-an unit.

Dengan perbandingan penjualan nasional dan internal, AI-DSO mengklaim telah berhasil merebut 19,4% pangsa pasar. Porsi pangsa pasar itu meningkat 2,4% dibanding Januari – Agutus tahun lalu yang mencapai 17,0%.

Ilustrasi, Daihatsu Ayla saat dipamerkan di GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

“Penjualan Daihatsu hingga delapan bulan ini bahkan telah melebihi dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Marketing & Customer Relations Division Head PT AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso.

Selama periode tersebut, Daihatsu Sigra menjadi model terlaris dengan penjualan 31.043 unit atau 25,1% dari total penjualan. Dia diikuti Daihatsu pikap Gran Max yang laku sebanyak 28.650 unit (23,2%), lalu Daihatsu Xenia 16.570 unit (13,4%).

Berada di urutan berikutnya Ayla yang terjual 13.968 unit (11,3%), Terios 13.638 unit (11,0%), Daihtasu Gran Max minibus 10.490 unit (8,5%), dan Daihatsu Rocky 7.156 unit (5,8%). Berada di urutan akhir ada Luxio dan Sirion yang laku 2.069 unit (1,7%). (Jrr/Aa)

Share This Article
Follow:
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id