Ducati Panigale V4R Anyar Gedor Malaysia, Harga Rp 1,49 Miliar

0
1266
Ducati Panigale V4R meluncur dan mulai dijual di Malaysia - dok.Istimewa

Kuala Lumpur, Mobilitas – Di Negeri Jiran itu, Ducati yang disebut sebagai superbike jalanan ini dibanderol RM 458.900 atau sekitar Rp 1,491 miliar (Kurs RM 1 = Rp 3.250,02).

Keterangan resmi Ducati Malaysia yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Rabu (31/5/2023), motor sport bermesin Desmosedici Stradale 90 derajat V4 998cc ini diluncurkan dan mulai dijual secara resmi pada 30 Mei 2023.

“Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 218 hp pada 15.500 rpm. Tetapi jika dikombinasikan dengan knalpot racing baru plus oli baru yang dikembangkan secara khusus oleh Shell, semburan tenaganya mencapai 240,5 hp,” klaim Ducati.

Keunggulan lain dari Ducati Panigale V4R model plaing gres alias paling anyar ini adalah, settingan yang dilakukan oleh pabrikan motor asal Bologna, Italia, itu. Ducati telah meramu secara khusus sehingga putaran mesin maksimum mencapai 16.500 rpm saat posisi gigi transmisi di tingkat 6.

“Sehingga kecepatan tertinggi motor lebih tinggi ketika digeber di trek lurus,” klaim Ducati.
Selain itu, pabrikan yang kini tim balap MotoGP-nya tengah naik daun itu, juga menggunakan geometri piston baru. Sehingga mengurangi berat inersia secara signifikan, yakni hingga lima gram.

Ducati Panigale V4 – dok.Istimewa

Tak hanya itu. Ducati juga menambahkan fitur mode berkendara dengan dua pilihan yakni Mode Full dan Mode Low. Mode pertama menawarkan performa maksimal dari motor dengan tetap aman dan nyaman.

Sedangkan kedua, menyuguhkan gaya berkendara yang lebih tenang dan santai karena karena semburan tenaga dibatasi hanya 160 hp. Gaya berkendara ini cocok saat melintas di jalan raya yang cukup padat.

Selain itu, pabrikan juga merevisi perangkat Ducati Quick Shift sehingga memungkinkan pemindahan gigi yang lebih mulus selama aplikasi throttle parsial dan penuh. Sementara perangkat suspensi besutan Ohlins tetap dipertahankan, meski kinerja garpu bertekanan NPX25/30 itu ditingkatkan.

Dan yang tak kalah penting adalah kapasitas tangki bahan bakar diperbesar menjadi 17 liter. Sehingga, pengendara yang ingin turing jarak jauh tak perlu khawatir harus sering mampir SPBU untuk isi bahan bakar. (Jrr/Aa)