Great Wall Motor Siapkan Haval H6 Anyar Gedor Dunia, akan ke Indonesia?

0
1257
Salah satu SUV produksi Great Wall Motor, yakni Haval 6 versi facelift - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Pada 10 Juni kemarin Great Wall Motor (GWM) sengaja mengumbar foto tampilan eksterior Haval H6 versi facelift itu.

Keterangan resmi GWM Global yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (13/7/2023) menyebut, versi terbaru dari Haval 6 ini selain ditawarkan dalam varian bermesin konvensional (pembakaran internal atau ICE), juga disajikan dalam varian plug-in hybrid (PHEV).

“Secara keseluruhan, tampilan bagian depan dari mobil ini telah ditingkatkan sehingga memberikan kesan yang semakin sporty dan dinamis,” bunyi keterangan GWM.

Ubahan di bagian paras itu terlihat mencolok pada bagian grill yang menggunakan desain palang baru. SUV kompak dengan dimensi panjang 4.711 milimeter (mm), lebar 1.940 mm, tinggi 1.730 mm, dan wheelbase 2.738 mm ini kini panjangnya bertambah 58 mm dan lebar melar 54 mm.

“Namun, untuk jarak sumbu roda (wheelbase) tidak mengalami perubahan,” sebut GWM.
Sementara, pada bagian belakang Haval H6 facelift ini ternyata tidak mengadopsi lampu belakang tipe through yang kini tengah populer. Tetapi, dua lampu belakang (yakni kanan dan kiri) dihubungkan dengan strip berkelir hitam.

Pada bagian belakang ini terlihat terdapat aksesoris seperti rumah knalpot berbentuk persegi panjang di bagian bawah sisi kanan dan kiri.Perubahan lain yang terlihat adalah pilihan pelek yang berukuran 18 inci atau 19 inci, serta sunroof panoramik di atap.

Sekadar informasi, Haval H6 ditawarkan dengan mesin konvensional 1.5 liter dan 2.0 liter. Sedangkan untuk varian PHEV-nya dilengkapi teknologi hybrid Hi4 terbaru dari GWM.

Tampilan atap Haval H6 facelift yang telah menggunakan sunroof – dok.Haval

Haval 6 merupakan varian paling laris di jajaran model Haval (Haval H6, Haval Big Dog, Haval Shenshou, Haval Chitu, Haval Jolion, dan Haval H9) yang ada. Data internal GWM menyebut, sepanjang Januari – Mei, Haval H6 laku sebanyak 75.869 unit (dimana 14.793 unit dibukukan pada bulan Mei).

Sedangkan data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Cina (CAAM) yang dinukil Mobilitas, di Jakarta, Kamis (13/7/2023) memperlihatkan sepanjang Januari – Juni tahun ini, GWM menjual 519.226 mobil buatannya. Dari jumlah itu 292.644 unit merupakan mobil merek Haval.

Penjualan merek Haval tersebut naik tipis 1,29 persen dibanding periode Januari – Juni 2022, yang sebanyak 288.903 unit.Haval merupakan produk global dari GWM yang dijajakan juga di berbagai negara.

Adapun di Indonesia, GWM telah mengumumkan pihaknya menggandeng Indomobi Group bersama Inchape (Inggris) sebagai agen pemegang merek. Lantas, akankah GWM Indonesia juga bakal menyorongkan Haval 6 anyar sebagai penggaet konsumen Indonesia?(Din/Aa)