Ini Afeela, Mobil Listrik Hasil Kolaborasi Sony dengan Honda

0
1278
Afeela, prototipe mobil listrik Sony dengan Honda - dok.Electrek.com

Las Vegas, Mobilitas – Kesepakatan kolaborasi antara Sony dengan Honda untuk menggarap mobil listrik diteken Maret 2022 lalu.

Kini, belum genap setahun sejak perjanjian kolaborasi itu diteken, mereka telagh menghasilkan mobil konsep. Dan seperti dinyata keduanya dalam keterangan resmi yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (6/1/2023), prototipe mobil listrik itu diperkenalkan ke dunia melalui ajang Consumer Electronics Show (CES) yang digelar 5 – 8 Januari 2023, di Las Vegas, Amerika Serikat.

“Mobil ini menggunakan Snapdragon Digital Chassis dari Qualcomm,” bunyi keterangan tersebut.

Sony mengaku memasang 14 kamera dan sensor di bagian eksterior, sehingga total ada 45 kamera di mobil tersebut. Sensor itu menggunakan teknologi grafis Unreal Engine dari Epic Games.

Untuk menampilkan hasil tangkapan kamera tersebut, dipasang layar berukuran cukup besar di bagian tengah dashboard.Sehingga, informasi terkait kondisi sekeliling mobil maupun potensi-potensi yang mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara akan ditampilkan.

Interior bagian depan Afeela – dok.Istimewa

Walhasil, pengemudi pun diharapkan mampu menyiasatinya dengan manuver yang perlu dilakukan.Soal kenyamanan, Sony juga menyuguhkan teknologi terkini untuk menyokong perangkat hiburan yang ada di mobil tersebut.

Rencananya, pemesanan mobil tersebut dibuka mulai pertengahan 2025 nanti. Sedangkan pengiriman pesanan ke konsumen dilakukan pada musim semi 2026.

Sekadar informasi, Sony Group Corporation merupakan perusahaan teknologi raksasa Jepang yang berkantor pusat di Minato, Tokyo.  (Swe/Aa)