Ini Calon SUV Baru Mitsubishi, Segera Gempur ASEAN

0
2134
Mobil konsep Mitsubishi XFC yang akan bertarung di segmen Low SUV - dok.Istimewa

Hanoi, Mobilitas – Mitsubishi Motors memperkenalkan konsep SUV bernama XFC di Vietnam, Rabu (19/10/2022).

Keterangan resmi Mitsubishi Motors yang dikutip Mobilitas, Rabu (19/10/2022) menyebut mobil ini akan diproduksi dan dijajakan di Asia Tenggara (ASEAN). Sebagai perkenalan akan dipamerkan di Vietnam Motor Show 2022, pada 26 – 30 Oktober nanti.

“Kami akan meluncurkan SUV kompak baru itu secara berurutan di pasar ASEAN termasuk Vietnam pada tahun fiskal 2023 (atau antara April hingga Mei 2023 nanti,” ujar Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato.

Kato menyebut, SUV kompak itu diharapkan tumbuh dari ASEAN dan kemudian berkembang menjadi model strategis di pasar global. “Dan menjadi model inti seperti Mitsubishi Xpander yang memimpin penjualan,” tandas dia.

XFC Concept mengunakan beberapa elemen desain yang sudah digunakan beberapa mobil Mitsubishi, selain kekhasan tersendiri. Misalnya, grill trapesium berkonsep Dynamic Shield.

Kemudian, lampu depan LED dengan bentuk  T yang digunakan Xpander. Namun, kekhasan XFC adalah lampu DRL yang ditempatkan di bawah proyektor utama.

Tampilan bagian belakang mobil konsep Mitsubishi XFC – dok.Istimewa

Kemudian di belakang, SUV ini memiliki pinggul yang yang lebar namun overhang yang pendek. Lampu di area itu juga berbentuk T.

Sedangkan di bagian interior, dasbor yang digunakan XFC relatif datar dengan layar besar untuk kluster instrumen dan sistem infotainment. Dia menggunakan shifter berbentuk kotak sabun di tengahnya.

Sementara untuk mesin, pabrikan berlambang tiga berlian itu belum memberi informasi. Meski, secara sekilas Takao Kato menyebut di jajaran varian SUV itu bakal ada versi listriknya.

Adapun Vietnam yang dipilih sebagai tempat perkenalan konsep itu, karena posisinya cukup strategis. Data Asosiasi Produsen Mobil Vietnam (VAMA) yang dikutip Mobilitas, Rabu (19/10/2022) menunjukkan pada Januari – September di negara ini, 296.403 mobil terjual ke konsumen. Jumlah itu melonjak 56,9% dibanding periode sama di 2021. (Swe/Aa)