Karena Alasan Ini, Honda CR-V Hidrogen Pakai Dua Tangki

0
1731
Ilustrasi, Honda CR-V - dok.Consumer Report

Ohio, Mobilitas – Honda mulai mengungkap spesifikasi Honda CR-V Hidrogen, yang akan diproduksi.

Seperti dilaporkan Autoblog dan The Green Journal, Rabu (8/2/2023), Honda menyatakan, mobil listrik sel hidrogen tersebut akan diproduksi di Marysville, Ohio, Amerika Serikat.

Honda belum merinci informasi soal spesifikasi mobil ini. Pabrikan hanya menyebut CR-V Hidrogen itu dibekali teknologi sistem sel bahan bakar khusus yang dikembankannya bersama Genberal Motors (GM).

Dua tangki H2 ditempatkan di bagian belakang, dan unit pengolahan sel hidrogen menjadi daya listrik ditempatkan di bawah jok. Lalu, motor listrik sebagai penggerak mobil ditempatkan di bagian depan.

“Jika hanya satu tangki, daya baterai tidak akan cukup dan hanya menjangkau jarak beberapa mil saja. Dengan dua, maka ketika daya baterai habis, maka hidrogen di tangki kedua akan dengan cepat dimanfaatkan,” kata sumber di Honda.

Ilustrasi, Honda CR-V di Amerika Serikat- dok.Istimewa

Honda mengadopsi teknologi ini agar pengguna Honda CR-V hidrogen, tidak mengalami masalah, dikarenakan infrastruktur pengisian hidrogen masih terbatas. Rencananya, mobil ini dijual mulai 2024 di Amerika Serikat, dan setelahnya diekspor ke sejumlah negara termasuk Jepang.

Di Negeri Paman Sam itu, Honda CR-V tercatat sebagai salah satu SUV terlaris. Meski di tahun 2022 kemarin penjualannya anjlok.

Data Asosiasi Diler dan Produsen Mobil Amerika Utara (NAAMDA) yang dikutip Mobilitas, Kamis (9/2/2023) menunjukkan, pada 2022 Honda CR-V terjual 238.155 unit, anjlok 30,08% dibanding 2021 yang masih sebanyak 361.271 unit. Sedangkan di Januari tahun ini terlego 20.031 unit. (Din/Aa)