Lahir di Rahim Sama, Begini Penjualan Avanza dan Xenia di Awal 2022

0
1229
Toyota All New Avanza - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Meski telah menapak pada generasi yang serba baru alias bertitel All New, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tetap terlahir dari rahim yang sama yakni di pabrik Daihatsu Motor Indonesia. Generasi ketiga Avanza-Xenia ini menggunakan platform yang sama, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Keduanya juga menyandang mesin yang sama yakni mesin tiga silinder Dual VVT-I dengan pilihan kapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Mereka juga menggunakan pilihan transmisi otomatis CVT dan sistem penggerak roda depan.

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkannya All New Avanza pada 10 November 2021. Sedangkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memilih momen pembukaan hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 sebagai waktu peluncuran All New Xenia, yakni 11 November 2021.

Daihatsu All New Xenia – dok.Istimewa

Lantas bagaimana penjualan keduanya? Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Jumat (25/2/2022) menunjukkan, ternyata selama Januari tahun ini atau awal tahun 2022 di antara penjualan mereka terdapat perbedaan mencolok seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Pada bulan perdana 2022 itu, Toyota All New Avanza membukukan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 3.701 unit. Jumlah ini naik signifikan dibanding jumlah yang dikoleksi model lawad pada Januari 2021 yang kala itu mencapai 1.780 unit.

Tetapi, juga meningkat lumayan (sebanyak 176 unit) dibanding jumlah yang diraupnya pada bulan Desember 2021. Di bulan pamungkas tahun 2021 itu, Avanza terjual sebanyak 3.604 unit, dan sebagian besar All New Avanza, meski ada sebagian kecil model lawas alias New Avanza.

Mesin Daihatsu All New Xenia – dok.Istimewa

“Avanza di Januari 2022 menjadi mobil Toyota terlaris kedua dengan total ritel 3.701 unit, di bawah Innova. Tetapi di atas Veloz, Rush, dan Fortuner. Dan kalau kita lihat, 90% dari total penjualan All New Avanza ini merupakan varian 1.5 liter. Karena, customer Avanza itu first buyer yang lebih memprioritaskan fungsional ya, power yang besar menjadi pertimbangan,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (25/2/2022).

Sedangkan All New Xenia di Januari tahun ini, terjual ke konsumen sebanyak 2.286 unit. Jumlah ini meroket 350% dibanding penjualan ritel yang dibukukannya selama Januari 2021, yang sebanyak 654 unit.

Ilustrasi, Toyota All New Avanza – dok.Istimewa

Jumlah penjualan selama bulan kesatu di tahun 2022 itu juga lebih banyak dibanding bulan sebelumnya alias Desember 2021, yang mencapai 2.017 unit. Fakta data juga berbicara, 70% dari total penjualan All New Xenia itu merupakan varian bermesin 1.3 liter. (Jrr/Aa)