Menanjak di 2023, Penjualan Mobil Daihatsu di Indonesia Awal 2024 Terjerembab

0
78
New Daihatsu Terios - dok.Instagram

Jakarta, Mobilitas – Dalam penjualan mobil dari diler ke konsumen (penjualan ritel) selama Januari 2023 kembali menanjak dibanding Januari 2022.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (26/2/2024) menunjukkan pada Januari 2023 itu mobil Daihatsu laku terjual ke konsumen sebanyak 22.053 unit. Jumlah ini menanjak 26 persen dibanding total angka penjualan ritel yang yang diraup merek ini di Januari tahun 2022, yang sebanyak 17.506 unit.

Menariknya, jumlah angka penjualan ritel yang dikoleksi Daihatsu pada Januari 2022 itu melonjak 83,7 persen dibanding bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Sebab, fakta berbicara total angka penjualan ritel yang berhasil diserok merek asal Jepang itu pada Januari 2021 masih sebanyak 9.528 unit.

All New Astra Daihatsu Ayla – dok.Mobilitas

Hanya sayang, tren lonjakan penjualan dalam dua tahun berturut-turut (khususnya di bulan perdana atau Januari) itu tak terjadi lagi di tahun 2024 ini. Data menunjukkan penjualan ritel mobil Daihatsu pada bulan Januari 2024 ternyata anjlok terjerembab hingga 23 persen dibanding Januari 2022, dengan total hanya 16.976 unit.

Tak hanya itu, pangsa pasar yang berhasil diciduk Daihatsu pun ikut merosot. Jika di Januari 2023 masih sebesar 24,3 persen, pada Januari 2024 tinggal 21,7 persen.

Bahkan, anjloknya penjualan tak hanya terjadi dalam penjualan mobil dari diler ke konsumen alias penjualan ritel saja, tetapi juga penjualan ke diler (wholesales). Data Gaikindo memperlihatkan, pada Januari 2024 itu Daihtasu Motor yang diageni PT Astra Daihatsu Motor hanya berhasil meraup angka wholesales sebanyak 14.363 unit, anjlok 21,1 persen dibanding Januari 2023 yang mencapai 18.194 unit. (Din/Aa)