Metropolitan: Skutik Imut Honda Bergaya Retro, Harga Rp 35 Jutaan

0
1549
Tampilan bagian samping Honda Metropolitan mirip dengan Honda Scoopy - dok.Istimewa via Greatbiker

California, Mobilitas – Honda Motor di Amerika Serikat belum lama ini meluncurkan skuter matik (skutik) dengan tampang retro dengan mesin yang kecil, yakni 49cc. Jika diamati, sekilas gaya tampilan skutik ini terlihat mirip-mirip dengan Honda Scoopy dan sejumlah bagian lainnya (terutama jika dilihat dari depan dan belakang) mirip skuter Vespa.

Seperti dilaporkan laman resmi Power Sport.Honda dan Greatbiker, Selasa (11/10/2021), beberapa sudut di sejumlah bagian bodi skutik ini – baik di bagian depan maupun belakang – terlihat membulat. Lampu utama yang bulat menguatkan kesan retro, begitu pun dengan lampu sein di setang yang bulat juga mengingatkan orang ke sepeda motor masa lalu.

Honda Metrpolitan, skuter matik bertampang retro dengan mesin 49 cc – dok.Istimewa via Greatbiker

Skutik berbobot 81 kilogram dengan ketinggian jok dari tanah 719 milimeter (mm) ini memiliki tangkai bahan bakar yang berkapasitas 4,5 liter. Bagasinya lumayan besar, yakni berkapasitas 22 liter.

Honda membekalinya dengan garpu teleskopik sebagai perangkat suspensi bagian depan, dan monoshock tunggal di bagian belakang. Untuk rodanya, baik bagian depan maupun belakang berukuran 80/100-10.

Pengereman Honda Metropolitan menggunakan tromol baik di roda bagian depan maupun belakang – dok.Istimewa via Greatbiker

Untuk pengeremannya masih menggunakan tromol. Entah, apa yang mendasari pertimbangan penggunaan peranti pengereman jenis itu.

Namun mesinnya, terbilang mungil. Data spesifikasi yang ada menunjukkan jantung mekanis itu berkapasitas 49cc empat tak dengan sistem pendinginan menggunakan cairan.

Tampilan bagian belakang Honda Metropolitan – dok.Istimewa via Greatbiker

Motor yang disajikan dalam dua pilihan warna – yakni Pearl Soft Beige dan Coastal Blue – ini dibanderol US$ 2.499 atau sekitar Rp 35,45 juta (kurs US$1 = 14.185,35). (Fer/Aa)