Mobil Listrik ORA Bakal Nongol di GIIAS 2023, Begini Kiprahnya di Thailand

0
1266
ORA Lightning Cat - dok.Istimewa via EV Arena

Jakarta, Mobilitas – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan ORA ikut serta di hajatan GIIAS 2023.

Kepastian itu terungkap dari daftar peserta pameran otomotif tahunan yang akan berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 10 – 20 Agustus nanti. ORA yang merupakan bagian dari grup Great Wall Motor (GWM) hadir bersama dua saudaranya yakni HAVAL dan Tank.

“Sampai detik ini tidak ada perubahan soal jumlah maupun nama peserta (GIIAS 2023). Mereka tetap sama seperti yang kami terima. Jadi, nama-nama peserta maupun jumlahnya tidak berubah,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, saat dikonfirmasi Mobilitas, di Jakarta, Sabtu (27/5/2023).

Sedakar informasi, sebelumnya ORA telah mendaftarkan varian mobilnya di Indonesia. Dalam situs resmi Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (DJKI Kemenkumham) terlihat GWM mengajukan permohonan atas hak paten mobil ORA Lightning Cat.

Mobil listrik Great Wall Motor, Ora Good Cat di Malaysia Auto Show 2023 – dok.The Star

Permohonan diterima dengan nomor A00202101879 dengan nama pemohon Great Wall Motor Company (GWM). Itu dilakukan pada 2021, tak lama setelah mobil konsep itu diperkenalkan di hajatan Shanghai Auto Show pada April 2021.

Hanya sayang, kemungkinan besar mobil itu tidak diproduksi di Indonesia, tetapi di Rayong, Thailand. Pasalnya, GWM yang membeli pabrik bekas milik General Motors (GM) di Rayong pada 2020 dan membangunnya pada 2021 disebut Badan Investasi Thailand akan memproduksi mobil listrik itu di Rayong pada 2024 nanti.

Mobil setrum ORA selama ini tercatat cukup laris di Thailand. Data Federasi Industri Thailand (FTI) dan Asosiasi Diler Mobil Thailand (TADA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Minggu (28/5/2023) menyebut sepanjang Januari – April tahun ini ORA Good Cat terjual sebanyak 1.082 unit.

Rinciannya, selama Januari – Maret laku sebanyak 990 unit (terlaris keempat). Kemudian di April terjual 92 unit (terlaris kedelapan). (Din/Aa)