Motor Listrik Honda EM1 e: Bikin Kepo Pengunjung IIMS Mencuat

0
1321
Sepeda motor listrik Honda EM1 yang diperkenalkan di hajatan IIMS 2023 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Sepeda motor listrik Honda EM1 e: yang akan dijual di Eropa pada Mei – Juli nanti kini menyambangi Indonesia.

Sepeda motor berjenis skuter matik listrik itu diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) di hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang dihelat di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, 16 – 26 Februari 2023. Dia menemani sejumlah motor Honda yang kondang di pasar Indonesia mulai dari Honda BeAT hingga Honda ST125 DAX.

Honda EM1 e: juga menjadi magnet booth Honda di Hall C JiExpo yang memang didominasi sepeda motor setrum dari sejumlah merek, baik lokal Indonesia, Jepang, hingga Cina. Pengunjung pun terpantik rasa keingintahuannya alias kepo.

“Ini keren, Honda ternyata sudah punya motor listrik. Mudah-mudahan murah harganya. Menarik sih, soalnya secara merek Honda kan sudah punya tempat ya di masyarakat. Bisa laris,” ujar salah satu pengunjung IIMS 2023, Mardanus Widigdo yang ditemui Mobilitas di arena pameran itu, Kamis (23/2/2023).

Faktanya, beberapa waktu lalu, Honda Motor melalui PT AHM dalam keterangan resmi menyatakan rencana pabrikan untuk menggelontorkan setidaknya 10 model berteknologi listrik. Model-model akan digelontorkan pada 2025 nanti.

Akankah Honda EM1 e: itu merupakan salah satu dari 10 model itu? Belum ada keterangan resmi dari PT AHM, tetapi yang pasti kehadirannya di IIMS 2023 telah memantik perhatian masyarakat yang bertandang di perhelatan tersebut.

Banyak pengunjung IIMS 2023 yang menduga EM1 adalah versi listrik dari Honda BeAT – dok.Mobilitas

“Kalau dilihat dari postur dan gaya desainnya, ini seperti Honda BeAT yang dikonversi menjadi skuter matik listrik, ramping dan lincah. It’s oke. Karena bisa jadi akan menjadi sepeda motor listrik yang harganya murah,” ungkap seorang pengunjung Muhammad Atif yang didampingi istrinya Raisha Khaerani kepada Mobilitas

Terlebih, lanjut Atif, di booth Honda itu juga ada gambaran baterai di rak yang menerangkan bahwa baterai motor ini bisa ditukar di tempat penukaran baterai (swapping) saat dayanya habis, tanpa perlu menunggu proses pengecasan. “Ya mudah-mudahan dugaan ini benar, jadi motor listrik yang terjangkau, setidaknya seperti harga Honda BeAT,” ungkap seorang pengunjung Muhammad Atif yang didampingi istrinya Raisha Khaerani kepada Mobilitas.

Mengutip ulasan The Green Journal  diketahui meski tampilannya mirip, namun EM1e: mengusung baterai yang berbeda dengan motor listrik Honda U-GO yang sudah dijual di Wuyang, Cina, sejak 2021 lalu. Skutik ini dibekali baterai Honda Mobile Power Pack e: yang bisa ditukar dengan mudah atau gampang dicas dayanya di rumah.

Hanya, kapan motor tersebut diluncurkan dan mulai dijual di Indonesia belum ada informasi resmi. (Yun/Aa)