Nissan Sakura Jadi Mobil Listrik Terbaik di Jepang

0
1548
Nissan Sakura mobil listrik terbaik di Jepang versi RJC - dok.Istimewa

Tokyo, Mobilitas – Mobil listrik mungil Nissan itu merupakan kembaran dari Mitsubishi eK X EV.

Keterangan resmi Nissan Motor Company yang dirilis melalui laman resmi perusahaan, Sabtu (12/11/2022) menyebut penghargaan ini diberikan oleh Automotive Researchers and Journalists’ Conference of Japan (RJC). “Ada dua penghargaan yang diterima, yakni Car of the Year dan RJC Technology of the Year 2023,” bunyi keterangan itu.

Sakura meraih penghargaan RJC dari para jurnalis karena mnyuguhkan kenyamanan, keamanan, dan kepraktisan berkendara. Ini dinilai sesuai dengan kondisi lalu-lintas.

Dengan daya jangkau hingga 180 kilometer dan kecepatan maksimal 130 kilometer/jam, dinilai pas untuk transportasi harian masyarakat. Terlebih, dia memiliki akselerasi yang cukup singkat dan nyaman ketika diajak bermanuver.

“Desain dan material yang digunakan untuk eksterior maupun interior juga berkualiats tinggi,” sebut Nissan mengutip pernyataan RJC.

Tampilan interior Nissan Sakura – dok.Istimewa via Sundries

Harganya juga dinilai cukup rasional. Mobil ini dibanderol mulai 2.333.100 yen atau sekitar Rp 263,76 juta (kurs 1 yen = Rp 113,05) dan terjangkau semua kalangan.

Data yang di EV Market Rewiew yang dikutip Mobilitas, Sabtu (12/11/2022) menunjukkan, Nissan membuka pemesanan mobil itu pada Mei hingga Juli dan meraup pesanan 23.000 unit. Namun seperti dilaporkan Reuters, Kamis (3/11/2022) Nissan telah menutup pesanan.

“Kami berhenti menerima pesanan sejak awal Oktober, karena masa inden telah mencapai setahun lebih. Produksi tidak sebanding dengan jumlah pesanan yang jauh lebih besar dari ekspektasi kami,” ujar Jurubicara pabrikan. (Jrr/Aa)