Penjualan Mobil Mitsubishi di RI Merosot Signifikan Selama Januari – Mei

0
1621
Mitsubishi New Pajero Sport - dok.MMKSI

Jakarta, Mobilitas – Padahal, sepanjang lima bulan pertama itu penjualan mobil di Indonesia total penjualan mobil dari semua merek meningkat.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (4/7/2023) menunjukkan, total jumlah mobil (seluruh merek) yang terjual ke diler (wholesales) sepanjang kurun waktu itu mencapai 423.404 unit. Jumlah ini meningkat 6,9 persen dibanding periode sama di 2022.

Pada saat yang sama, jumlah mobil yang terjual ke konsumen (ritel) mencapai 422.514 unit. Total penjualan ini meningkat 10,7 persen dibanding jumlah angka penjualan yang diraup pabrikan mobil di Tanah Air pada lima bulan pertama di tahun lalu.

MItsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru di GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

Memang, tak semua pabrikan atau merek membukukan naiknya penjualan di kurun waktu itu, tetapi ada yang justeru mengalami penyusutan. Salah satunya, Mitsubishi Motors yang penjualannya dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Fakta berbicara, sepanjang Januari – Mei tahun ini, hanya 33.787 mobil Mitsubishi yang terjual ke diler (wholesales). Jumlah ini merosot 27,5 persen dibanding lima bulan pertama 2022.

Sementara, penjualannya ke konsumen (ritel) hanya sebanyak 36,857 unit. Jumlah tersebut menyusut 23,1 persen dibanding jumlah penjualan ritel yang dibukukan MMKSI selama Januari – Mei tahun lalu. (Din/Aa)