Ini Dia, Motor Triumph 400cc Buah Kolaborasi dengan Bajaj India

0
1238
Motor 400cc buatan Triumph bersama Bajaj Auto, mulai dijual 5 Juli tahun ini - dok.Triumph Motorcycles

Jakarta, Mobilitas – Pabrikan sepeda motor kondang asal Inggris itu menyodorkan dua varian motor modern klasik bermesin 400cc.

Keterangan resmi Triumph Motorcycles Limited yang dinukil Mobilitas di Jakarta, Senin (4/7/2023) menyebut ada dua varian motor anyar itu yang disuguhkan. Pertama Triumph Speed 400, yang terinpirasi oleh gaya desain Triumph Speed 900 dan Triumph Speed 1200.

Kedua, Triumph Scrambler 400 X yang mengadopsi gaya desain Triumph Scambler 900 dan Triumph Scambler 1200. “Kedua varian ini mengusung mesin yang sama,” sebut pabrikan yang bermarkas di Hinckley, Inggris, itu.

Mesin itu adalah, mesin TR-Series satu silinder dengan sistem injeksi yang berkapasitas 398cc. Mesin dengan sistem pendinginan menggunakan bahan bakar tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 40 hp pada 8.000 rpm dan torsi 37,5 Nm pada 6.500 rpm.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan gearbox enam tingkat percepatan. “Dua varian ini kami luncurkan untuk memberikan pilihan motor dengan mesin yang lebih kecil dari model-model yang ada. Sehingga memberi kesempatan kepada seluruh generasi pengendara, karena baik tua maupun muda mampu mengkasesnya,” papar Triumph Global Product Marketing Manager, James Wood.

Sederet fitur canggih disematkan ke dua varian anyar ini. Mulai dari Slip Clutch Assist, throttle-by-wire, switchable traction control, hingga perangkat Antilock Braking System (ABS) dual-channel besutan Bosch.

“Sistem ABS ini bisa dinonaktifkan pada Scrambler 400 X saat berkendara off-road,” jelas Triumph.

Instrumen cluster motor Triumph 400cc, buah kolaborasi dengan Bajaj Auto India – dok.Istimewa

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah, instrumen cluster dengan format ganda yang menampilkan speedometer analog besar dan layar LCD. Layar ini menyuguhkan beragam informasi yang terintegrasi mulai dari takometer digital, sisa bahan bakar yang tersedia, dan indikator posisi roda gigi.

Bahkan juga menyuguhkan informasi status aksesoris setang berpenghangat di kala pengendara melakukan turing di musim dingin. Pada area instrumen cluster ini pula terdapat port pengisian daya USB-C.

Kehadiran motor yang diproduksi bersama pabrikan India, Bajaj Auto ini menjadi amunisi baru bagi pabrikan untuk memacu penjualan. Triumph belum mengumumkan harga.

Meski begitu, di India motor ini disebut bakal berbanderol 300.000 rupee atau sekitar Rp 54,9 juta (kurs 1 rupee = Rp 182,97). Pemesanan mulai dibuka, Selasa (5/7/2023).

Sekadar informasi, data MCD Research yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (4/7/2023) menunjukkan sepanjang 2022 lalu, Triumph hanya membukukan penjualan global sebanyak 85.057 unit. Meski begitu, jumlah ini naik tipis 1,8 persen dibanding tahun sebelumnya. (Swe/Aa)