PO Pandawa 87 Rilis Bus Baru Bersasis Hino RM 280, Ini Istimewanya

0
1878
Bus baru milik PO Pandawa bersasis Hino RM 280 dengan karoseri garapan New Armada - dok.HMSI

Jakarta, Mobilitas – Perusahaan Otobus (PO) Pandawa 87 merilis bus baru bersasis Hino RM280.

Deputy General Manager Bus PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Anton Nugroho mengatakan, bus ini memiliki fitur air suspension dan space frame. Dia dibalut bodi terbaru dari karoseri New Armada yaitu Skylander R22 SHD.

“Acara handover ceremony bus terbaru PO Pandawa 87 dilakukan di karoseri New Armada yang bertempat di jalan Mayjen. Bambang Soegeng nomor 7 Magelang,” ujar Anton dalam keterangan resmi yang dirilis Jumat (28/10/2022).

Menggunakan model double glass berhias bando, lanjut Anton, bus ini menggunakan spion kamera dengan variasi cover led biru yang menambah kesan futuristic. Bodinya berbalut warna biru dan livery yang modern.

Bagian belakang dilengkapi layar LED untuk menampilkan gambar kamera di depan bus ataupun informasi yang dapat dilihat pengendara kendaraan di belakangnya. Bagasi bus menggunakan gaya los atau tembus dari kiri ke kanan yang memungkinkan motor masuk tanpa harus dimiringkan.

Di kabin, dashboard dan beberapa bagian dihias aksen kayu. Sementara, di pilar A terdapat layar LCD di kiri dan kanan untuk menampilkan gambar dari spion kamera.

Keindahan mencuat berkat tata lampu dengan ambiance yang menarik. Fungsional di kabin pun tinggi karena hadirnya kompartemen penyimpanan barang, tempat charger, dan tempat wadah minuman.

Tampilan kabin bus baru PO Pandawa 87 yang bersasis Hino RM 280 garapan karoseri New Armada – dok.HMSI

Sedangkan kesan mewah terpancar dari kursi penumpang yang didominasi lembaran kulit berwarna coklat. “Serah terima Hino Bus RM 280 kepada PO Pandawa 87 ini sekaligus menjadi pembuktian kualitas bus Hino, yang mampu bersaing di kelas bus premium untuk meningkatkan keuntungan dan kemajuan bisnis pelanggan kami,” tandas Anton.

Penjualan kendaraan Hino di Indonesia saat ini memang moncer. Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Jumat (28/10/2022) menunjukkan, sepanjang Januari – September lalu total penjualan penjualan kendaraan Hino (truk dan bus) ke diler (wholesales) mencapai 21.366 unit, atau melonjak 56,6% dibanding tahun lalu.

Sedangkan penjualan ke konsumen (ritel) di saat yang sama, sebanyak 20.528 unit. Jumlah ini melompat 56,3% dibanding sembilan bulan pertama di 2021. (Swe/Aa)