Porsche Dikeluarkan dari Grup VW Sebelum Akhir 2022

0
1228
Porsche Cayenne edisi khusus di GIIAS 2022 - dok.Mobilitas

Frankfurt, Mobilitas – Pemisahan (spin-off) itu dimulai dengan menjual saham ke umum (IPO).

Keterangan resmi Grup Volkswagen yang dikutip Mobilitas, Kamis (8/9/2022) menyebut proses IPO akan dimulai pada akhir September atau awal Oktober nanti. “Penawaran perdana saham preferen itu akan dicatatkan di Bursa Efek Frankfurt,” bunyi keterangan pabrikan.

Raksasa otomotif asal Jerman itu juga mengisyaratkan untuk melanjutkan proses IPO pada Februari 2023 nanti. “Ini merupakan momen bersejarah bagi Porsche. Karena, Porsche akan memiliki kemandirian yang besar dan menjadi salah satu produsen mobil sport terkaya di dunia,” papar Chief Executive Officer VW, Oliver Blume.

Ilustrasi, Porsche di GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

Oliver menyebut, di bawah rencana spin-off (pemisahan) itu, pemegang saham utama Volkswagen – khususnya keluarga Porsche-Piech – akan mendapatkan porsi saham 25% plus satu. Sedangkan investor ritel yang membeli saham preferen di bursa tidak memiliki suara, namun mendapatkan dividen yang terus meningkat.

Sementara itu, data penjualan di internal Porsche AG yang dinukil Mobilitas, Kamis (8/9/2022) menunjukkan sepanjang Januari – Juni tahun ini, Porsche menjual 145.860 mobil. Jumlah ini menyusut 5% dibanding jumlah penjualan yang diraupnya di periode sama tahun lalu, yang sebanyak 153.656 unit. (Din/Aa)