Resmi Garap Thailand, Kapan BYD Investasi di RI?

0
1454
SUV listrik BYD Atto 3 - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – BYD Company Limited membawa mobil listrik ke Thailand sejak 2018.

Namun, mulai 8 Agustus 2022 pabrikan asal Shenzhen, Republik Rakyat Cina (Cina) secara resmi masuk menggarap pasar mobil listrik Negeri Gajah Putih tersebut. Maklum, BYD yang sejak Maret lalu menghentikan produksi mobil bermesin konvensional itu, saat ini tercatat sebagai pabrikan mobil elektrifikasi (listrik murni atau BEV dan plug-in hybrid) terbesar di dunia.

Keterangan resmi BYD yang dikutip Mobilitas, Selasa (23/8/2022) menyebut sepanjang Januari – Juli tahun ini, perusahaan telah berhasil menjual 803.886 mobil elektrifikasi di seluruh dunia. Jumlah ini meroket 292% dibanding penjualan yang dibukukan selama periode sama tahun 2021.

“Kini di Thailand, setelah pada 2018 lalu meluncurkan mobil listrik untuk taksi, kami bekerjasama dengan REVER Automotive sebagai diler resmi akan membawa lebih banyak kendaraan penumpang berkualitas yang lebih banyak,” papar General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division, Liu Xueliang.

Dia menyebut, kini 30 pabrikan mobil listrik dari berbagai negara menggarap Thailand. Mereka berpduksi dan berjualan setelah pemerintah negara itu menargetkan produksi mobil listrik sudah harus 30% dari total produksi semua jenis mobil  pada 2030.

Mobil listrik BYD Dolphin – dok.Istimewa

“Apalagi, Thailand menjadi pasar terpenting mobil listrik di Asia Tenggara,” kata Liu.

Laman Auto Life Thailand belum lama ini melaporkan, pabrik BYD di Thailand akan memproduksi mobil listrik setir kanan. Dengan harapan mobil=mobil tersebut bisa diekspor ke Australia dan bahkan ke Inggris.

Lantas, kapan BYD berinvestasi dan melakukan produksi di Indonesia? Pertanyaan ini muncul karena sebelumnya kabar yang berembus menyebut BYD akan memulai investasi di Tanah Air pada tahun 2022 ini.

Terlebih, sedan listrik BYD yakni BYD e6 telah digunakan sebagai armada taksi BluBird di Indonesia sejak tahun 2021 lalu. Selain itu bus listrik BYD K9 menjadi salah satu armada perusahaan angkutan Transjakarta. (Vto/Aa)